Pengembangan Game Pembelajaran Materi Karakteristik Berpikir Filosofis Mata Kuliah Landasan Filosofis Pendidikan Di Program Studi Teknologi Pendidikan
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa game pembelajaran yang dirancang khusus untuk menunjang pemahaman materi Karakteristik Berpikir Filosofis dalam mata kuliah Landasan Filosofis Pendidikan. Sasaran utama dari pengembangan ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model Lee & Owens yang mencakup lima tahapan esensial: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dengan dosen pengampu, angket untuk uji kelayakan oleh ahli dan mahasiswa, serta tes untuk mengukur efektivitas produk melalui pendekatan quasi-eksperimental. Uji coba dilakukan secara bertahap, yaitu uji coba perorangan (3 mahasiswa), kelompok kecil (5 mahasiswa), dan uji coba lapangan, (24 mahasiswa). Hasil validasi menunjukkan bahwa game pembelajaran dinilai sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 91,1% dan ahli media sebesar 93,3%. Respons mahasiswa juga sangat positif, dengan skor 99,3% pada uji coba perorangan, 83,55% pada kelompok kecil, dan 74,07% pada uji coba lapangan. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05), Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa, khususnya dalam memahami karakteristik berpikir filosofis. Produk ini sangat layak digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran berbasis teknologi.
Kata Kunci: pengembangan, game pembelajaran, berpikir filosofis
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 47
,
PDF Downloads: 42