PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII MATERI MY STUDY HABITS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 7 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran pada materi My Study Habits dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, yang dirancang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 7 Surabaya. Data analisis awal menunjukan 45,9% peserta didik memiliki gaya belajar visual, 32,6% memiliki gaya belajar auditori dan 21,5% kinestetik . Hasil dokumentasi dari mata pelajaran bahasa inggris pada materi My Study Habits memiliki nilai rata-rata 62,33 dan menunujukan bahwa 23 dari 30 peserta didik memiliki nilai dibawah kriteri ketuntasan minimal (KKM). Hasil belajar materi My Study Habits dianggap kurang karena peserta didik kurang memahami materi dan kurangya penjelasan materi pada sumber belajar. Sehingga guru harus menerangkan materi lebih detail dan memakan waktu yang lebih banyak. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan ADDIE. Hasil penelitian menunjukan hasil Media video pembelajaran materi my stuy habits dianggap layak berdasarkan hasil validasi, yang menunjukkan 97,5% dari ahli materi, 98,3% dari ahli media, dan 100% dari ahli desain pembelajaran. dengan rata-rata hasil posttest pada kelas eksperimen sebesar 76,50 yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 54,67, disimpulkan bahwa video pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi my study habits.
Kata kunci: Pengembangan Media, Video Pembelajaran, My Study Habits, Hasil Belajar, ADDIE
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2025-07-17 (2)
- 2025-07-17 (1)
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 64
,
PDF Downloads: 47