Pengembangan Course E-Learning Pada Mata Kuliah Landasan Filosofis Pendidikan Untuk meningkatkan Hasil Belajar Bagi Mahasiswa Prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan course e-learning berbasis Moodle yang dikembangkan menggunakan model Lee & Owens, dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Landasan Filosofis Pendidikan, khususnya pada materi persamaan dan perbedaan antara filsafat, ilmu, dan agama. Pengembangan media dilakukan melalui lima tahapan sistematis : Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kelayakan media dinilai melalui validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain instruksional. Penilaian dilakukan dengan skala Likert dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinyatakan layak, dengan penyajian materi yang komunikatif, visual yang mendukung pemahaman, serta fitur interaktif yang memfasilitasi refleksi dan diskusi. Uji coba terbatas kepada mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya juga menunjukkan tanggapan positif terhadap kualitas isi, tampilan, dan kemanfaatan media. Efektivitas media dianalisis menggunakan uji statistik parametrik, meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,000, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa course e-learning secara statistik efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi. Dengan demikian, course e-learning ini terbukti layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: course e-learning, Moodle, Lee & Owens, landasan filosofis pendidikan, hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 39
,
PDF Downloads: 29