Pengembangan Game Edukasi Berbasis Smartphone Untuk Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Prinsip Pengambilan Gambar Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Video Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Unesa
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi berbasis smartphone yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan prinsip pengambilan gambar pada mata kuliah Pengembangan Media Video. Prinsip yang dimaksud mencakup sudut pengambilan gambar, ukuran gambar, dan gerakan kamera. Model pengembangan yang digunakan adalah model Lee & Owens yang terdiri dari tahapan: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Teknologi Pendidikan UNESA. Instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi oleh ahli, angket respon mahasiswa, dan penilaian unjuk kerja. Hasil validasi menunjukkan bahwa media game edukasi dinyatakan sangat layak oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Uji coba kelompok kecil dan lapangan menunjukkan hasil yang sangat positif dari segi keterterimaan dan efektivitas. Berdasarkan hasil uji pre-test dan post-test, media ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan prinsip pengambilan gambar. Dengan demikian, media game edukasi berbasis smartphone ini dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran prinsip pengambilan gambar.
Kata kunci: game edukasi, media pembelajaran, pengambilan gambar, smartphone, teknologi pendidikan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 38
,
PDF Downloads: 27