Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Peranan Masyarakat Dalam Rantai Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN 7 Surabaya

Authors

  • Muhammad Ghufron Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Syaiputra Wahyuda Meisa Diningrat Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif pada materi Peranan Masyarakat dalam Rantai Ekonomi yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran kelas VII di SMP Negeri 7 Surabaya. Pengembangan dilakukan menggunakan model Lee & Owens yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Multimedia ini dirancang fleksibel, mudah diakses melalui smartphone dan internet, serta dilengkapi dengan gambar, video, bahasa komunikatif, dan buku penyerta sebagai pendukung pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Non-equivalent Control Group Pretest-Posttest dengan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli dan tes pilihan ganda. Hasil validasi menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat layak digunakan, dengan persentase 92,9% dari ahli desain pembelajaran, 94,2% dari ahli materi, dan 94,5% dari ahli media. Uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 92,9% dan uji coba lapangan sebesar 92,5%. Hasil pengujian efektivitas menunjukkan bahwa data bersifat valid, reliabel, berdistribusi normal, dan homogen. Hasil uji-t menunjukkan nilai 6,546 > 2,001 dengan signifikansi 0,00 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian, multimedia ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Model Lee & Owens

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-18

How to Cite

Ghufron, M., & Wahyuda Meisa Diningrat, S. (2025). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Peranan Masyarakat Dalam Rantai Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN 7 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(13). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/71629
Abstract views: 7 , PDF Downloads: 4