Evaluasi Gamifikasi Pada Pelatihan Metodologi Pengajaran Bahasa SEAMEO QITEP In Language Menggunakan Model Formatif Scriven
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelatihan metodologi pengajaran bahasa berbasis gamifikasi yang diselenggarakan oleh SEAMEO QITEP in Language dengan menggunakan model evaluasi formatif Scriven. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui pendekatan blended learning dan diikuti oleh guru bahasa dari berbagai wilayah. Pelaksanaan pelatihan menggunakan elemen-elemen gamifikasi seperti leaderboard, traveler passport, book of rules, dan peta tantangan, dengan tujuan meningkatkan pemahaman peserta terhadap strategi pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills).Evaluasi dalam penelitian ini difokuskan pada tiga aspek utama, yaitu desain pelatihan, peran fasilitator, dan keterlibatan peserta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi LMS, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari peserta aktif pelatihan, fasilitator, serta dokumentasi resmi dari penyelenggara pelatihan.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: (1) desain pelatihan telah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan integrasi elemen gamifikasi dilakukan secara sistematis dan efektif; (2) fasilitator berperan aktif dalam mendampingi peserta, memberikan umpan balik, serta menjaga alur pelatihan tetap terstruktur; dan (3) peserta menunjukkan tingkat keterlibatan tinggi, terbukti dari antusiasme dalam menyelesaikan tantangan dan berinteraksi dalam forum daring. Pelatihan ini dinilai memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, menantang, dan meningkatkan motivasi peserta.
Kata kunci: evaluasi formatif, gamifikasi, pelatihan metodologi pengajaran bahasa, SEAMEO QITEP in Language.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 36
,
PDF Downloads: 19