Pengembangan Course E-Learning Pada Mata Kuliah Multimedia Interaktif Materi Game Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan course e-learning berbasis Project Based Learning (PjBL)
dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dalam menciptakan produk
media game edukatif pada mata kuliah Pengembangan Multimedia Interaktif. Pengembangan dilakukan berdasarkan model Lee
& Owens melalui lima tahap sistematis: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang
dikembangkan meliputi e-learning tutorial, e-book software, serta dokumen penugasan dan panduan proyek, yang terintegrasi
dalam platform Edukati sebagai Learning Management System (LMS) institusi. Aspek kelayakan dinilai melalui validasi oleh
ahli materi, media, desain pembelajaran, dan instrumen evaluasi, serta uji coba terbatas kepada mahasiswa. Hasil validasi
menunjukkan bahwa course e-learning ini layak digunakan, dengan isi yang relevan, struktur pembelajaran yang logis, serta
desain visual dan navigasi yang menarik. Respon mahasiswa terhadap media juga menunjukkan tingkat keterterimaan yang
tinggi, terutama dalam mendukung pembelajaran mandiri berbasis praktik. Efektivitas course diuji menggunakan uji-t
independen terhadap nilai posttest antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,027 (p <
0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan dalam peningkatan hasil belajar mahasiswa. Temuan ini menunjukkan
bahwa course e-learning yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang dan
menciptakan produk game edukatif. Media pembelajaran dalam course tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga berfungsi
sebagai fasilitator keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas. Dengan demikian, course elearning
berbasis PjBL ini dinyatakan layak dan efektif sebagai strategi pembelajaran digital inovatif pada materi game edukatif,
serta berpotensi menjadi model implementatif dalam pengembangan e-learning di pendidikan tinggi.
Kata Kunci: course e-learning, Project Based Learning, game edukatif, multimedia interaktif, Lee & Owens
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

