This is an outdated version published on 2025-07-24. Read the most recent version.

Evaluasi Program Smart Learning Training Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surabaya

Authors

  • Khoiriyah Khoiriyah Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak Permasalahan rendahnya efektivitas belajar di kalangan siswa sekolah menengah atas sering kali disebabkan oleh kurangnya keterampilan dalam mengatur waktu, memahami materi secara mendalam, serta mempertahankan motivasi belajar secara konsisten. Menjawab tantangan tersebut, Smart Learning Training dikembangkan sebagai program pelatihan yang bertujuan untuk membekali siswa dengan strategi belajar yang efektif dan terstruktur. Program ini diterapkan di SMA Negeri 5 Surabaya sebagai bentuk intervensi dalam upaya peningkatan kualitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program Smart Learning Training dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pra-eksperimen (one group pre-test and post-test design) terhadap 67 siswa sebagai subjek. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan memori, angket persepsi, serta lembar observasi keaktifan. Evaluasi program dilakukan dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick pada tiga level, yaitu: Level 1 (reaksi peserta terhadap pelatihan), Level 2 (pembelajaran yang diperoleh), dan Level 3 (perubahan perilaku atau penerapan hasil pelatihan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan memberikan dampak positif secara signifikan. Rata-rata skor Memory_N_Gain mencapai 0,8471 atau 84,71%, dengan standar deviasi rendah sebesar 0,04857, menandakan peningkatan yang merata. Korelasi antara nilai pre-test dan post-test sangat kuat dan signifikan (r = 0,970; p = 0,000). Selain itu, respon siswa terhadap pelatihan dinilai positif, metode pelatihan dinilai sesuai, dan terjadi perubahan perilaku belajar seperti peningkatan keterampilan manajemen waktu dan motivasi belajar. Dengan demikian, Smart Learning Training terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa, baik dari aspek reaksi, kognitif, maupun perilaku belajar. Kata kunci: Smart Learning Training, keterampilan belajar, evaluasi program, model Kirkpatrick, efektivitas pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-24

Versions

How to Cite

Khoiriyah, K. (2025). Evaluasi Program Smart Learning Training Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(14). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/71970
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 9