Penelitian Tindakan Kelas di SMK Negeri 1 Surabaya dengan Menggunakan Pendekatan Think-Pair-Share: Materi Matriks pada Mata Pelajaran Matematika

  • Indah Saptaning Wahyuni SMK Negeri 1 Surabaya
Keywords: Matriks, Cooperative Learning Type, Think-Pair-Share, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Salah satu upaya dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran dalam menyampaikan materi pelajaran dengan pembelajaran kooperatif yaitu melalui pendekatan struktural “Think-pair-share”. Strategi ini menantang asumsi bahwa seluruh resitasi dan diskusi perlu dilakukan pada seluruh kelompok belajar siswa. Think-Pair-Share memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu yang lebih banyak untuk berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Disamping itu, materi pokok matriks merupakan materi baru bagi siswa yang belum pernah diperoleh di jenjang pendidikan sebelumnya. Dari permasalahan tersebut, ingin diketahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika materi matriks dengan pendekatan cooperative learning type “Think-Pair-Share” siswa kelas XI OTKP 3  SMK Negeri 1 Suarabaya tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain. Peneliti berusaha melaksanakan, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Untuk mendapatkan hasil yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu menggunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 61,58, pada siklus II diperoleh 73,33, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 83,75. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar matematika materi matriks dengan pendekatan cooperative learning type ”Think-Pair-Share” siswa kelas XI OTKP 3 SMK Negeri 1 Surabaya Tahun Pelajaran 2019/2020.

Published
2022-12-07
How to Cite
Saptaning Wahyuni, I. (2022). Penelitian Tindakan Kelas di SMK Negeri 1 Surabaya dengan Menggunakan Pendekatan Think-Pair-Share: Materi Matriks pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(3), 160-174. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n3.p160-174
Section
Articles
Abstract Views: 338
PDF Downloads: 264