Kualitas Pelayanan Publik di Bidang Administrasi Kependudukan: Studi pada Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya

  • Putri Liana Lutfia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Endang Indartuti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Kualitas Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun ringkasan data tentang kualitas pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan di Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sekunder, data sekunder digunakan untuk pengumpulan data penelitian. Data sekunder dikumpulkan dari berbagai sumber yang sudah ada, kemudian dianalisis dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Kelurahan Gebang Putih telah menerapkan dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphasis serta indikator-indikator yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Dalam hal layanan pengguna, masyarakat Kelurahan Gebang Putih senang dengan permasalahan mereka yang telah ditangani. Secara Keseluruhan bahwa pelayanan publik di Kelurahan Gebang Putih di atas rata-rata dan sudah dapat dikatakan baik.

Published
2022-12-07
How to Cite
Lutfia, P., & Indartuti, E. (2022). Kualitas Pelayanan Publik di Bidang Administrasi Kependudukan: Studi pada Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(3), 191-197. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n3.p191-197
Section
Articles
Abstract Views: 269
PDF Downloads: 263