Peningkatan Prestasi Belajar menggunakan Model Pembelajaran Word Square Mata Pelajaran Korespondensi pada Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Surabaya

  • Dwi Sudarwati SMK Negeri 1 Surabaya
  • Rendy Dwi Adi Putra Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Word Square, Meningkatkan Prestasi Belajar, Korespondensi

Abstract

Pengembangan standar yang menuntut setiap anak untuk berkontribusi pada perkembangan kelompok secara keseluruhan. Menurut standar ini, anak-anak yang bergantung pada orang lain tidak diinginkan dan harus dihilangkan. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi memiliki tanggung jawab untuk membantu mereka yang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih rendah, bahwa anak-anak dengan tingkat kekuatan fisik yang lebih tinggi memiliki tanggung jawab untuk membantu mereka yang memiliki tingkat kekuatan fisik yang lebih rendah, dan bahwa anak-anak dengan semua tingkat kecerdasan memiliki tanggung jawab untuk mendorong satu sama lain untuk. Metode penelitian tindakan digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga kali. Setiap tahap dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tahapan ini diulang dalam urutan itu. Siswa kelas X OTKP SMK Negeri 1 Surabaya menjadi fokus penelitian ini. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dalam bentuk hasil tes formatif serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil OTKP siswa kelas X SMK Negeri 1 Surabaya mencapai ketuntasan belajar setelah pembelajaran Metode Word Square Direct Learning pada Model Pembelajaran Memahami Korespondensi Menggunakan Model Pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus III dan mencapai ketuntasan. Hasil tersebut dicapai setelah pembelajaran Metode Word Square Direct Learning pada Pemahaman Korespondensi Menggunakan Model Pembelajaran. Pada pertemuan pertama (Pra-siklus), ada total 37 siswa. Dari jumlah tersebut, 10 siswa atau 27,02% berhasil menyelesaikan siklus. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau 75,67% pada pertemuan ketiga (siklus 2), sedangkan pada pertemuan ketiga terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 59,45%. pertemuan kedua (siklus 1). Pertemuan keempat (siklus III) siswa yang menyelesaikan 37 atau 100% dari tugas yang diberikan. Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Model Pembelajaran Word Square sebagai alternatif pembelajaran mata pelajaran korespondensi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Surabaya. Peserta dalam penelitian ini semuanya terdaftar dalam program OTKP.

Published
2022-08-31
How to Cite
Sudarwati, D., & Putra, R. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar menggunakan Model Pembelajaran Word Square Mata Pelajaran Korespondensi pada Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Surabaya. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(2), 146-151. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n2.p146-151
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 62