Analisis Kelayakan Sarana Prasarana Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Mutu Sekolah
Abstract
Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kelayakan sarana prasarana dalam mempengaruhi mutu SMK Negeri 1 Kudus. Metode desktriptif dan evaluasi dengan model CIPP digunakan dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat kelayakan sarana prasarana pada SMK Negeri 1 Kudus telah memenuhi standar Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008 dengan keseluruhan nilai persentase sebesar 72,5% dan 83,44% atau dalam kategori layak. Kelayakan sarana prasarana sekolah sangat mendukung prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, prestasi belajar dapat ditingkatkan melalui peningkatan sarana dan prasarana sekolah. Dengan demikian, kelayakan sarana prasarana sekolah mampu meningkatkan mutu sekolah.
PDF Downloads: 140