Analisis Kelayakan Sarana Prasarana Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Mutu Sekolah

  • Mar’atus Sholikah Politeknik Balekambang Jepara
Keywords: Kelayakan, Sarana dan Prasarana, Kualitas Sekolah, Prestasi Belajar

Abstract

Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kelayakan sarana prasarana dalam mempengaruhi mutu SMK Negeri 1 Kudus. Metode desktriptif dan evaluasi dengan model CIPP digunakan dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat kelayakan sarana prasarana pada SMK Negeri 1 Kudus telah memenuhi standar Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008 dengan keseluruhan nilai persentase sebesar 72,5% dan 83,44% atau dalam kategori layak. Kelayakan sarana prasarana sekolah sangat mendukung prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, prestasi belajar dapat ditingkatkan melalui peningkatan sarana dan prasarana sekolah. Dengan demikian, kelayakan sarana prasarana sekolah mampu meningkatkan mutu sekolah.

Published
2022-11-30
How to Cite
Sholikah, M. (2022). Analisis Kelayakan Sarana Prasarana Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Mutu Sekolah. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(3), 175-190. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n3.p175-190
Section
Articles
Abstract Views: 168
PDF Downloads: 140