Peran Big Data pada Sektor Industri Perdagangan: Tinjauan Literatur pada Perusahaan Bidang Perkantoran

  • Septa Septa Universitas Indonesia
  • Hoirul Hoirul Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Rahmaniyah
Keywords: Big Data, Industri Perdagangan, Informasi, Literatur Sistematis, Ekonomi

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa pertumbuhan yang pesat pada sektor industri perdagangan yang mengarah pada ekonomi digital. Hal tersebut didukung dengan adanya peran big data. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan peran big data dalam sektor industry perdagangan melalui publikasi artikel dengan topik ekonomi dalam informasi. Pada penelitian ini menggunakan metode tinjauan literature sistematis (systematic literature review) dengan pendekatan kualitatif. Dengan cara mengidentifikasi, mengintrepretasi serta mengevaluasi terhadap temuan hasil penelitian. Ditemukan 10 artikel yang membahas mengenai peran big data dalam sektor industri perdagangan, dengan 5 artikel berisi terkait peran big data salah satunya sebagai strategi marketing serta 5 artikel lain juga membahas tantangan dalam penerapan big data salah satunya kurangnya kompetensi SDM. Berdasarkan keseluruhan temuan artikel jurnal ilmiah bahwa big data memiliki berbagai peran dalam sektor industri perdagangan di Indonesia salah satunya sebagai alat strategi bagi perusahaan bidang perkantoran, namun dalam penerapannya memiliki tantangan paling besar dalam kompetensi SDM dalam mengelola big data.

Published
2022-12-07
How to Cite
Septa, S., & Hoirul, H. (2022). Peran Big Data pada Sektor Industri Perdagangan: Tinjauan Literatur pada Perusahaan Bidang Perkantoran. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(3), 198-210. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n3.p198-210
Section
Articles
Abstract Views: 1129
PDF Downloads: 2457