PENGARUH BUDAYA TIONGHOA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA ETNIS TIONGHOA DI TULUNGAGUNG

  • Vena Elinuari Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Budaya tionghoa, kewirausahaan, keberhasilan usaha

Abstract

Menjalankan sebuah wirausaha perlu adanya kemampuan berpikir untuk berinovasi, bersosialisasi, dan berkembang sehingga mencapai sebuah keberhasilan. Salah satu etnis di Indonesia yang dikenal piawai dalam menjalankan sebuah wirausaha adalah etnis Tionghoa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya dan pendidikan kewirausahaan Tionghoa terhadap keberhasilan wirausaha Etnis Tionghoa di Tulungagung. Penelitian ini dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan skala likert. Teknik analisis data regresi linier berganda dan determinasi dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yakni budaya (X1) dan pendidikan (X2) serta variabel terikat yaitu keberhasilan wirausaha (Y). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah variabel budaya dan variabel pendidikan berpengaruh terhadap variabel keberhasilan usaha etnis Tionghoa.
Kata Kunci: Budaya tionghoa, kewirausahaan, keberhasilan usaha

References

Adnyana, dkk. 2016. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Self Efficacy dan Locus ofControl pada Niat Berwirausaha. JournalManajemen, Nomor 2 Vol. 5.https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/16350

Agustina, Tri Siwi. 2015. Kewirausahaan; Teori dan Penerapanpada Wirausaha dan UKM di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Alma, Buchari.2010. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfa beta

Asmani, Jamal Ma’mur. 2015. Sekolah Entrepreneur.Yogyakarta: Harmoni.

Aviati,Yuniar. 2015.KompetensiKewirausahaan; Teori,Pengukurandan Aplikasi.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djaali.2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Faizah, Siti Inayatul. 2014. Kewirausahaan dalamPerspektif Budaya dan Agama. Bogor: Mitra Wacana Media

Kristsada, Dian. 2010. Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Malhotra, Naresh K. 2017. Riset PemasaranPendektan Terapan. 1ke-4. Jakarta: Indeks.

Mulyani, Endang. 2011. Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 4, No. 4

Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.Rusdiana, dkk. 2011. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Setyawan, Surya. 2005. Konteks Budaya Etnis Tionghoa DalamManajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Universitas Maranatha. Vol. 9, No. 2https://doi.org/10.23917/benefit.v9i2.1212

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soekanto, Soerjono. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunarya, PO Abas dkk. 2011. Kewirausahaan. Yogyakarta: Andi

Suryani, Dede dkk. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Islam Tangerang. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 25, No. 2

Tjoe,Thomas Liem. 2008. Ilmu Bisnis Tionghoa.Yogyakarta: Media Pressindo.

Usman, Abdul Rani. 2009. Etnis Cina PerantauanAceh. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Widagdho, Djoko. 2008. Ilmu Budaya Dasar Jakarta. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2021-04-12
How to Cite
Elinuari, V., & Marlena, N. (2021). PENGARUH BUDAYA TIONGHOA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA ETNIS TIONGHOA DI TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1139-1145. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1139-1145
Section
Article
Abstract Views: 492
PDF Downloads: 854