PENGARUH BUDAYA TIONGHOA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA ETNIS TIONGHOA DI TULUNGAGUNG
Abstract
Menjalankan sebuah wirausaha perlu adanya kemampuan berpikir untuk berinovasi, bersosialisasi, dan berkembang sehingga mencapai sebuah keberhasilan. Salah satu etnis di Indonesia yang dikenal piawai dalam menjalankan sebuah wirausaha adalah etnis Tionghoa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya dan pendidikan kewirausahaan Tionghoa terhadap keberhasilan wirausaha Etnis Tionghoa di Tulungagung. Penelitian ini dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan skala likert. Teknik analisis data regresi linier berganda dan determinasi dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yakni budaya (X1) dan pendidikan (X2) serta variabel terikat yaitu keberhasilan wirausaha (Y). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah variabel budaya dan variabel pendidikan berpengaruh terhadap variabel keberhasilan usaha etnis Tionghoa.
Kata Kunci: Budaya tionghoa, kewirausahaan, keberhasilan usaha
References
Agustina, Tri Siwi. 2015. Kewirausahaan; Teori dan Penerapanpada Wirausaha dan UKM di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Alma, Buchari.2010. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfa beta
Asmani, Jamal Ma’mur. 2015. Sekolah Entrepreneur.Yogyakarta: Harmoni.
Aviati,Yuniar. 2015.KompetensiKewirausahaan; Teori,Pengukurandan Aplikasi.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Djaali.2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Faizah, Siti Inayatul. 2014. Kewirausahaan dalamPerspektif Budaya dan Agama. Bogor: Mitra Wacana Media
Kristsada, Dian. 2010. Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Malhotra, Naresh K. 2017. Riset PemasaranPendektan Terapan. 1ke-4. Jakarta: Indeks.
Mulyani, Endang. 2011. Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 4, No. 4
Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.Rusdiana, dkk. 2011. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Setyawan, Surya. 2005. Konteks Budaya Etnis Tionghoa DalamManajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Universitas Maranatha. Vol. 9, No. 2https://doi.org/10.23917/benefit.v9i2.1212
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soekanto, Soerjono. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sunarya, PO Abas dkk. 2011. Kewirausahaan. Yogyakarta: Andi
Suryani, Dede dkk. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Islam Tangerang. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 25, No. 2
Tjoe,Thomas Liem. 2008. Ilmu Bisnis Tionghoa.Yogyakarta: Media Pressindo.
Usman, Abdul Rani. 2009. Etnis Cina PerantauanAceh. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Widagdho, Djoko. 2008. Ilmu Budaya Dasar Jakarta. Jakarta: Bumi Aksara.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 854