RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP E-MODUL BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE ELEMEN 3 FASE E MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

Kata Kunci: E-modul, Dasar-Dasar Pemasaran, Respon Peserta Didik, Sigil Software

Abstrak

Penerapan kurikulum merdeka menjadi tantangan bagi para guru di sekolah, salah satunya yakni SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Guru dituntut untuk melakukan inovasi pengembangan bahan ajar sebagai trobosan keterbatasan sumber belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul berbantuan sigil software pada elemen 3 fase E mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran. Subyek penelitian ini yakni 32 orang peserta didik kelas X Bisnis Digital 2 SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk mengumpulkan data, selanjutnya data akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata respon peserta didik yang diuji melalui 2 tahap yakni uji coba terbatas dan uji kelompok besar diperoleh nilai sebesar 89,4% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian e-modul memperoleh respon positif dan layak digunakan dalam proses belajar.

Referensi

Adah, U. Z., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Perencanaan Bisnis Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Lingkungan Pemasaran Untuk Kelas X Bdp Smkn 2 Kediri Program Studi Pendidikan Tata Niaga , Fakultas Ekonomi , Universitas Negeri Surabaya Program Studi Pendidikan Tata. 9(2).
Adelia, M., Widowati, A., & Lafifa, F. (2023). Analysis Study Of Student Responses To The Science Practicum E-Module On Conductor And Insulator Materials. 9(2), 465–470. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V9i2.1752
Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. Https://Doi.Org/10.23971/Eds.V8i1.1499
Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Role Of Sigil Digital Learning Materials In Preparing The Students ’ Learning Independence. 99–110.
Amalia, F., & Kustijono, R. (2019). Efektifitas Penggunaan E-Book Dengan Sigil Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (Snf), 1(November), 81–85.
Amalia, F., Kustijono, R., & Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Role Of Sigil Digital Learning Materials In Preparing The Students ’ Learning Independence. Prosiding Seminar Nasional Fisika (Snf), 1(November), 81–85.
Andi Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Kencana.
Andiyanto, C., Hawanti, S., & Kuntoro, K. (2021). Pengembangan E-Modul Pengayaan Materi Debat Berbasis Software Sigil Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Sma Di Purbalingga. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(2), 111. Https://Doi.Org/10.30595/Mtf.V8i2.12411
Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Bahan Kuliah Online. Direktori Upi.
Arikunto, S. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Pt Bumi Aksara.
Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Chomsin S. Widodo Dan Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Alex Media Kompetindo.
Daryanto, A. D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, Rpp, Bahan Ajar(. Gava Media.
Direktur Tenaga Kependidikan Dirjen Pmptk. (2008). Penulisan Modul. Depdiknas.
Ernawati, I., & Sikardiyonno, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada.
Gola, N., & Nuraini, L. (2018). Profil Respon Siswa Penggunaan E-Modul Fisika Berbasis Android ( Andromo ).
Hidayat, R., Erwadi, -, Sari, V. R., & Purnama Ade, V. R. (2017). Pemanfaatan Sigil Untuk Pembuatan E-Book (Electronic Book) Dengan Format Epub. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.25077/Teknosi.V3i1.2017.1-8
Intan, N. (2019). Cara Membuat Ebook Dengan Sigil. Deepublish. Https://Penerbitdeepublish.Com/Cara-Membuat-Ebook-Dengan-Sigil/
Kemdikbud. (2022). Salinan Keputusasan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikaan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 033/H/Kr/2022. Https://Www.Ptonline.Com/Articles/How-To-Get-Better-Mfi-Results
Kinasih, F. S., & Sulistyowati, R. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas Xi Bdp Smk. 6, 12144–12153.
Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Raja Grafindo Persada.
Maisessa, R. A. . (2021). Pelatihan It Melalui Pembuatan E-Modul Matematika Bagi Guru Matematika Smk Kabupaten Malang. 13(2), 195–204.
Makarim, N., & Guru, P. (2023). Guru Di Era Kurikulum Merdeka Belajar Di Smk Muhammadiyah 3 Gemolong Amelia Tiara Anggreini Universitas Muhammadiyah Surakarta Sabar Narimo Universitas Muhammadiyah Surakarta Abstrak. 17(3), 1704–1714.
Marsitin, R. (2018). Pelatihan It Melalui Pembuatan E-Modul Matematika. 3, 1–6.
Munandar, R. R., Cahyani, R., & Fadilah, E. (2021). Pengembangan E-Modul Sigil Software Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Biodik, 7(4), 191–202. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V7i4.15204
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Biologi Abstrak. 6(2301), 79–83.
Natshia, H., & Abadi, M. (2022). Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 227–245.
Pangaribuan, P. (2018). Tantangan Revolusi Industri 4.0 Untuk Smk.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Pembuatan Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Putra, B. P., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Keterbacaan E-Modul Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. 1, 75–82.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Rima, Y., & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software Pada Materi Listrik Dinamis.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research And Development). Alfabeta.
Umiyatun, Purnomo, M. E., & Indrawati, S. (2020). Moodle Based Worksheet On Scientific Article Writing : A Students. 10(1), 117–132. Https://Doi.Org/10.23960/Jpp.V10.I1.202013
Wiro, M., & Sulistyowati, R. (2021). Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan. 3(5), 2092–2104.
Diterbitkan
2023-07-03
Bagian
Article
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 139