RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP E-MODUL BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE ELEMEN 3 FASE E MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p50-56Kata Kunci:
E-modul, Dasar-Dasar Pemasaran, Respon Peserta Didik, Sigil SoftwareAbstrak
Penerapan kurikulum merdeka menjadi tantangan bagi para guru di sekolah, salah satunya yakni SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Guru dituntut untuk melakukan inovasi pengembangan bahan ajar sebagai trobosan keterbatasan sumber belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul berbantuan sigil software pada elemen 3 fase E mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran. Subyek penelitian ini yakni 32 orang peserta didik kelas X Bisnis Digital 2 SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk mengumpulkan data, selanjutnya data akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata respon peserta didik yang diuji melalui 2 tahap yakni uji coba terbatas dan uji kelompok besar diperoleh nilai sebesar 89,4% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian e-modul memperoleh respon positif dan layak digunakan dalam proses belajar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

