PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT MENJADI GURU BAGI MAHASISWA S1 JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Kampus Mengajar dan Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang telah mengikuti Program Kampus Mengajar dari angkatan 2019 dan 2020. Teknik analisis yang digunakan adalah metode teknik Purposive Sampling dengan menggunakan software SPSS versi IBM 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar terhadap Minat Menjadi Guru yaitu dengan nilai 2,430 > 1,979 dan terdapat pengaruh positif antara Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru yaitu dengan nilai 4,424 > 1,979. Serta hasil penelitian menjelaskan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar dan Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru yaitu dengan nilai 71,704 > 3,07. Data dikumpulkan melalui google form diukur dengan skala likert menggunakan software SPSS versi IBM 22 dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar terhadap Minat Menjadi Guru dan terdapat pengaruh positif antara Inernal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru. Serta hasil penelitian menjelaskan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar dan Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru.
Keywords : Program Kampus Mengajar, Internal Locus Of Control, Minat Menjadi Guru.
Referensi
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan PraktIk. Jakarta: Rineka Cipta, 134.
Ariyani, E. (2010). Pengaruh Internal Locus Of Control Terhadap Kematangan Karir Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda.
Crider, A. (1983). Psychology (Monograf). Glenview : Scott Foresman.
Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Jurnal Pendidikan.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi.
Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib.
Jane. (2021). Statistik Deskripti dan Regesi Linier Berganda dengan SPSS. In Semarang University Press (Issue April 2012).
Kemendikbud. (2021). Buku Pegangan Mahasiswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Larasati, N. (2016). Pengaruh Internal Locus Of Control Dan Self-Efficacy Terhadap Career Maturnity Siswa Kelas Xii SMK di Kabupaten Kudus. Journal Of Economic Education, 5 (3).
Lefcourt, H. M. (1984). Research With The Locus Of Control Construct : Extensions and Limitations. Waterloo, Ontario, Canada: Academic Press.
Mulyati, E., Elidsbeth, C. R., & Fauzan, M. N. (2021). Pendampingan Sekolah Dasar Negeri 2 Hegarmanah Melalui Program Kampus Mengajar Di Kabupaten Garut Jawa Barat. Jurnal Merpati, 27-38.
Nainggolan, M. A. (2018). Analisis Pengaruh Internal Locus Of Control Dan External Locus Of Control Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Emba.
Nasrullah et al. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal Adminitrare, 1-6.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Padang: Ghalia Indonesia.
Ni'mah, F. U., & Oktarina, N. (2014). Pengaruh Minat Profesi Guru. Locus Of Control Internal, Peran Guru Pamong Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal.
Oktarina, N. (2014). Pengaruh Minat Profesi Guru, Locus of Control Internal, Peran Guru Pamong dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3 (2).
Pramiyati, T., Jayanta, & Yulnelly. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus : Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Jurnal Simetris.
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan Spss ( Untuk Mahasiswa, Dosen Dan Praktisi. In Cv. Wade Group.
Rosmiati, & Hutabarat, Z. S. (2022). Pengalaman Program Praktik Mengajar, Kreativitas dan Locus Of Control Untuk Siapan Menjadi Guru Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Edutama, 149 - 162.
Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogditas Pada Model Regresi Linier. Unnes Journal of Mathematics, 168-177.
Solichah, C., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh Internal Locus of Control dan Dukungan Sosial Terhadap Career. Economic Education Analysis Journal.
Sudaryanto, Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) indonesia. Jurnal Bahasa, 18379-41309.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). (Cetakan ke). Alfabeta,cv.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, Syukri, E., Syahril, Wahid, A., & Supratman, T. (2021). Pengaruh Program Kampus Mengajar Bagi Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politk Universitas Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Sosial Dan Politik.
Syamsuddin, Syukri, M. E., Tahir, S., Wahid, A., & Syahril. (2021). Pengaruh Program Kampus Mengajar Bagi Capaian pembelajaran Lulusan Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Muhammadiyah Sinjai. Junal Sosial dan Politik, 1-14.
Syofyan, R., Hidayati, N. S., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 151 - 162.
Wibowo, A., & Purwohandoko. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi . Jurnal Ilmu Manajemen.
Widyaningsih, S., & Rosidi, I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Plantae. Jurnal Pena Sains.
Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Dan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Fe Uny. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia,, 78-91.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 336