PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT MENJADI GURU BAGI MAHASISWA S1 JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Penulis

  • Ihkam Najahi Tsani Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p74-83

Kata Kunci:

Keywords : Program Kampus Mengajar, Internal Locus Of Control, Minat Menjadi Guru.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Kampus Mengajar dan Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang telah mengikuti Program Kampus Mengajar dari angkatan 2019 dan 2020. Teknik analisis yang digunakan adalah metode teknik Purposive Sampling dengan menggunakan software SPSS versi IBM 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar terhadap Minat Menjadi Guru yaitu dengan nilai 2,430 > 1,979 dan terdapat pengaruh positif antara Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru yaitu dengan nilai 4,424 > 1,979. Serta hasil penelitian menjelaskan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar dan Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru yaitu dengan nilai 71,704 > 3,07. Data dikumpulkan melalui google form diukur dengan skala likert menggunakan software SPSS versi IBM 22 dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar terhadap Minat Menjadi Guru dan terdapat pengaruh positif antara Inernal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru. Serta hasil penelitian menjelaskan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar dan Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru.

Keywords : Program Kampus Mengajar, Internal Locus Of Control, Minat Menjadi Guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Tsani, I. N., & Sudarwanto, T. (2023). PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT MENJADI GURU BAGI MAHASISWA S1 JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 74–83. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p74-83

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 444 , PDF Downloads: 627