PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT MENJADI GURU BAGI MAHASISWA S1 JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p74-83Kata Kunci:
Keywords : Program Kampus Mengajar, Internal Locus Of Control, Minat Menjadi Guru.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Kampus Mengajar dan Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang telah mengikuti Program Kampus Mengajar dari angkatan 2019 dan 2020. Teknik analisis yang digunakan adalah metode teknik Purposive Sampling dengan menggunakan software SPSS versi IBM 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar terhadap Minat Menjadi Guru yaitu dengan nilai 2,430 > 1,979 dan terdapat pengaruh positif antara Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru yaitu dengan nilai 4,424 > 1,979. Serta hasil penelitian menjelaskan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar dan Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru yaitu dengan nilai 71,704 > 3,07. Data dikumpulkan melalui google form diukur dengan skala likert menggunakan software SPSS versi IBM 22 dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar terhadap Minat Menjadi Guru dan terdapat pengaruh positif antara Inernal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru. Serta hasil penelitian menjelaskan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif antara Program Kampus Mengajar dan Internal Locus Of Control terhadap Minat Menjadi Guru.
Keywords : Program Kampus Mengajar, Internal Locus Of Control, Minat Menjadi Guru.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

