PENGARUH GAYA HIDUP, DESAIN PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MOTOR MATIC HONDA SCOOPY PRESTIGE PADA MAHASISWA FEB UNESA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, desain produk dan citra merek terhadap minat beli motor matic Honda Scoopy Prestige pada mahasiswa FEB UNESA. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB UNESA. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 368 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan SPSS 22.0 sebagai alat analisis data. Berdasarkan hasil pengujian data yang dilakukan, menunjukkan bahwa: 1) Gaya hidup berpengaruh secara parsial terhadap minat beli Honda Scoopy Prestige pada Mahasiswa FEB UNESA. 2) Desain produk berpengaruh secara parsial terhadap minat beli Honda Scoopy Prestige pada Mahasiswa FEB UNESA. 3) Citra merek berpengaruh secara parsial terhadap minat beli Honda Scoopy Prestige pada Mahasiswa FEB UNESA. 4) Gaya hidup, desain produk, dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap minat beli Honda Scoopy Prestige pada Mahasiswa FEB UNESA.
Referensi
Albar, K., Noviyanti, H., Sari, D. P., & Zakhiroh, A. (2022). Pengaruh Iklan dan Brand Image MS. Glow Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah, 04(01), 2022. https://ejournal.steikassi.ac.id/index.php/111/article/view/60
Amri, S., & Prihandono, D. (2019). Influence Lifestyle, Consumer Ethnocentrism, Product Quality On Purchase Decision Through Purchase Intention. Management Analysis Journal, 8(1), 25–38. http://maj.unnes.ac.id/
Anggraini, D. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Pakaian Second Brendid (Studi Pada Mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Jambi). 8(75), 147–
Chang, K., & Zhang, L. (2015). The effects of Corporate Ownership Structure on Environmental Information Disclosure—Empirical Evidence from Unbalanced Penal Data in Heavy-pollution Industries in China. WSEAS Transactions on Systems and Control, 10(1996), 405–414. http://www.wseas.us/journal/pdf/control/2015/a865703-368.pdf
Davidson, William. R., et al. 1998. Retailing Management. 6th ed. John Willey & Sons, New York.
Engel, James. F. 1994. Perilaku Konsumen. 6th ed. Jakarta: Binarupa Aksara.
Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Publikasi Ilmiah, 689–705. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9995
Fattah, M. C., & Edwar, M. (2016). Pengaruh Citra Merek dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian All New Honda CBR 150 R (Studi Pada Dealer Honda Cemara Agung Motor Magetan). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/14439
Ferdinand, Augusty. 2006. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Firmansyah, A. R. (2016). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Mobil Datsun Go Panca. Bisnis Dan Manajemen (BISMA), 9(1), 26–32. https://journal.unesa.ac.id/index.php/bisma/article/view/2228
Ginasti, G. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar). https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/24113
Fishbein, M, & Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction toTheory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley.
Gupta, O. J., & Singh, A. (2017). Influence of Quality & Design on Purchase Intention: Empirical Study of Chinese Brand. SMS Journal of Entrepreneurship & Innovation, 4(1), 94–103. https://doi.org/10.21844/smsjei.v4i01.10805
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate. Universitas Diponegoro.
Hadi, M. F. (2022). Pengaruh Desain Produk, Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Produk Baju Merek Erigo Di Surabaya. http://eprints.perbanas.ac.id/10041/
Hilmi, M. M. (2020). Pengaruh Brand Image, Desain Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Persebaya Store Kota Gresik. http://etheses.uin-malang.ac.id/24108/
Irvanto, O., & Sujana. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survey Persepsi Komunitas Pencinta Alam di Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105–126. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331
Kollerud, S., & Kvidaland, M. (2018). Influences of Product Design on Consumer Behavior. Norwegian School of Economics, 1–10. https://brage.bibsys.no/xmlui/bitstream/handle/11250/2560953/masterthesis.PDF?sequence=1&isAllowed=y
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management. 15th ed. Pearson Education Limited.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler Philip & Armstrong Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler Philip, & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Laptop Acer pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 11–19. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.462
Kumurur, V. A. (2008). Pengetahuan, Sikap, dan Kepedulian Mahasiswa Pasca Ilmu Lingkungan Terhadap Lingkungan Hidup Kota Jakarta. 8(2), 1–24. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/EKOTON/article/view/267
Lestiowati, R. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario. Jurnal AKP, 8(2), 81–104. http://repository.stiedewantara.ac.id/1087/2/ABSTRAK.pdf
Limakrisna & Purba. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Lomboan, R., Tampi, J. R. ., & Mukuan, D. D. . (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Manado Town Square. 1(3), 256–260. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/29722/28789
Mandasari, R. N. P. N., & Nurcaya, I. N. (2013). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Norma Subyektif Terhadap Niat Beli Toyota Agya di Kota Denpasar. 15. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/5829
Mowen, John C. I. Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Na’imah, L. M., & Rahmadhani, E. (2022). Pengaruh Besar Desain Produk Terhadap Minat Konsumen Pecinta Teh Poci. Jurnal Mahasiswa Manajemen UNITA, 1(1), 23–31.
Nainggolan, B. (2022). Influence Of Product Quality And Product Design On Pixy Product Purchase Decision. Journal of Educational and Language Research Vol.1, 33(1), 1–12. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/1413
Nazarani, M. R., & Suparna, G. (2021). The Effect of Luxury Brand, Brand Image, and Product Quality on Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(1), 290–295. https://www.ajhssr.com/the-effect-of-luxury-brand-brand-image-and-product-quality-on-purchase-intention/
Nurhasanah, A. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Hidup Baru, Kampar Kiri Tengah). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Pratama, W. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Merek Scoopy (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSU). http://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/15192/1/Skripsi_WillyPratama-2.pdf
Pratiwi, A. R. (2022). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Produk Makeover Pada Pembeli Di Sun Plaza Medan. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18459
Putra, D. H., & Rahmawan, G. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Desain Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Motor Vespa Di Sukoharjo. 2(3), 387–394. https://bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/3850
Rehansyah, F., & Simatupang, L. N. (2022). Pengaruh Desain Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas (Studi Pada Mahasiswa FEB Univeritas Satya Negera Indonesia). Jurnal Manajemen USNI, 6(2), 37–52. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3320777
Risdiyanto, Yulianti, V., & Palupi, A. F. (2022). Studi Mode share Angkutan Pada Hari Kerja dan Hari Libur di Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil, Universitas Janabadra Yogyakarta. https://e-journal.janabadra.ac.id/index.php/TS/article/download/1365/926
Rokhmawati, H. N., Kuncorowati, H., & Supardin, L. (2022). Pengaruh Harga, Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Honda Scoopy Di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 515–526. https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/view/1699
Rozi, M. F. (2021). Pengaruh Promosi dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16432
Setiawan, C. R. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). https://repository.usd.ac.id/32988/
Schiffman & Kanuk. 2009. Perilaku Konsumen. Edisi 2. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Shukla, P. (2011). Impact of interpersonal influences, brand origin and brand image on luxury purchase intentions: Measuring interfunctional interactions and a cross-national comparison. Journal of World Business, 46(2), 242–252. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2010.11.002
Sigit, M. (2006). Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Mahasiswa Sebagai Konsumen Potensial Produk Pasta Gigi Close UP. Jurnal Siasat Bisnis, 11(1), 81–91. https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/413/328
Supiyanti, R. (2018). Pengaruh Bonus Pack dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Oriflame PT. Orindo Alam Ayu Asrama Haji Medan. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9906
Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Supranto. J Dkk. 2007. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. 4th ed. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Torlak, O., Ozkara, B. Y., Tiltay, M. A., Cengiz, H., & Dulger, M. F. (2014). The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention: An Application Concerning Cell Phone Brands for Youth Consumers in Turkey. Journal of Marketing Development and Competitiveness Vol., 46(5), 31–33. https://citeseerx.ist.psu.edu/document?repid=rep1&type=pdf&doi=78da44ba8162143831d66b716f2290b0dea0aa2b
Wicaksono, S. A. (2015). Pengaruh Merek dan Desain Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Konsumen Sepeda Motor Honda CS One pada Dealer 54 Motor Pekalongan). http://lib.unnes.ac.id/21460/1/7350408041-s.pdf
Wijaya, A. A. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Macbook Di Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/93732/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 1511–1518. https://doi.org/10.1134/s0320972519100129
Zainuddin, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Minat Beli Motor Matik. Sosio E-Kons, 10(3), 220–227. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i3.2902
PT Astra Honda Motor (AHM). (2022) https://www.aisi.or.id/statistic/.
Diakses tanggal, 1 Desember 2022.
Warung, Asep. (2022) https://warungasep.net/2022/01/17/data-aisi-2021-penjualan-honda-yamaha-suzuki-kawasaki-dan-tvs-dalam-setahun/.
Diakses tanggal, 5 Desember 2022.
Top Brand Award Motor. (2022). https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-index-int/?tbi_find=Honda.
Diakses tanggal, 7 Desember 2022.
Sarnita, Sadya. (2023) https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/polri-catat-15251-juta-kendaraan-di-indonesia-pada-2022.
Diakses tanggal, 1 Februari 2023.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 214