PENGARUH NCT DREAM SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN DENGAN KOREAN WAVE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh NCT Dream sebagai brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian mie instan dengan korean wave sebagai variabel intervening di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang pernah membeli mie lemonilo dan yang mengetahui NCT Dream di Kota Surabaya. Sampel yang digunakan adalah 97 sampel untuk penelitian ini dengan kriteria konsumen yang telah melakukan pembelian lebih dari 2 kali yang berusia 17 tahun hingga 35 tahun, dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi berganda, analisis path pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi IBM 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand ambassador (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mie lemonilo, variabel brand image (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel korean wave (Z) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel brand ambassador (X1) secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui korean wave, variabel brand image (X2) secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui korean wave dan variabel brand ambassador (X2) dan brand image (X2) sama-sama tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui mediasi korean wave (Z) sebagai variabel intervening.
Keywords: Brand Ambassador; Brand Image; Keputusan Pembelian; Korean Wave
Referensi
Annur, C. M. (2022). Gaet NCT, Compas Dashboard Temukan Penjualan Mi Instan Lemonilo Melonjak 154%. Databoks, Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/10/12/Gaet-Nct-Compas-Dashboard-Temukan-Penjualan-Mi-Instan-Lemonilo-Melonjak-154
Azhar, A. W., & Nasrun, H. (2020). Menulis Laporan Penelitian Bagi Peneliti Pemula. Insan Cendekia Mandiri. Sumatera: Insan Cendekia Mandiri.
Bawono, A., Arif, K., & Kurniawan, Y. J. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen , Brand Image Dan Situs Belanja Online ( Studi Kasus Pada Situs Belanja Online Xyz ). 2(2), 131–144.
Ezeuduji, P. I. O., & Mhlongo, P. S. (2019). Tourists’ Profile And Perceptions Of A Destination Brand Image: Kwazulu-Natal, South Africa. African Journal Of Hospitality, Tourism And Leisure, 8(4).
Foster, B. (2016). Impact Of Brand Image On Purchasing Decision On Mineral Water Product “Amidis” (Case Study On Bintang Trading Company). American Research Journal Of Humanities And Social Sciences, 2(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.21694/2378-7031.16023
Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Mediasi Brand Awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118. Https://Doi.Org/10.47065/Imj.V2i3.200
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Cet. Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadiyati, N., Rakhmawati, S. R., Budiasih, & Kustamtinah, L. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 85–93. Https://Doi.Org/10.56127/Jukim.V1i05.492
Hasanah, U., & Kharismawati, M. (2019). Penggunaan Budaya Pop Korea Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Korea Bagi Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Campuran. 3(1), 10–19.
Hawkins, D. ., Best, R. ., & Coney, K. . (2001). Consumer Behaviour (8th Ed.). Von Hoffmann Press: United States.
Hendayana, Y., & Afifah, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia. 3(1), 32–46. Https://Doi.Org/10.34005/Kinerja.V3i1.1285
Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01), 103–113. Https://Doi.Org/10.29040/Jie.V4i01.822
Jalaluddin, N. H., & Ahmad, Z. (2011). Hallyu Di Malaysia: Kajian Sosiobudaya. Jurnal Komunikasi - Malaysian Journal Of Communication. Http://Journalarticle.Ukm.My/3258/1/V27_2_11.Pdf
Juanda, C. A. (2022). Analisis Pengaruh Korean Wave, Brand Ambassador, Dan Iklan Waktu Indonesia Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia Di Yogyakarta. Http://Katalog.Ukdw.Ac.Id/Id/Eprint/6993
Kim, R. B., Lee, J. H., & Thavisay, T. (2017). The Effect Of The Korean Wave On Chinese Consumers’ Brand Preferences. Actual Problems In Economics, 6(192), 113–119.
Kim, S. M., & Park, M. J. (2020). Evaluation Of Cross-National Global Market Segmentation And Strategy: The Case Of Korean Wave For ASEAN Countries. Asia Pacific Management Review, 25(4), 207–215. Https://Doi.Org/10.1016/J.Apmrv.2020.04.001
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. In Manajemen Pemasaran (Vol. 7).
Kotler, P., & Keller, K. . (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2006). B2B Brand Management. In Journal Communication Spectrum (Vol. 1, Issue 1). PT BHUANA.
Kuswardani, C. A. (2020). Pengaruh Brand Ambassador “Bts”, Brand Image Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Https://Www.Jurnalkommas.Com/Docs/Jurnal D0216022.Pdf
Laura, N., & Nasution, P. H. (2021). Pengaruh Brand Switching Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Pembelian Produk Dengan Korean Wave Sebagai Variabel Moderating. Media Manajemen Jasa, 9(1), 31–48. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52447/Mmj.V9i1.4972
Lea-Greenwood, G. (2013). Fashion Marketing Communications E-Book. USA: Wiley.
Lee, W.-J. (2015). The Effect Of The Korean Wave (Hallyu) Star And Receiver Characteristic On T.V Drama Satisfaction And Intention To Revisit.
Lestari, H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian [Universitas Brawijaya]. Http://Repository.Ub.Ac.Id/Id/Eprint/165586
Mowen, J., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid I (5th Ed.). Jakarta: Erlangga.
Muskitta, C. G., Ulaen, T. A. E. I., & Pangaribuan, C. H. (2022). The Influence Of The Korean Wave Phenomenon On Male Customer Purchase Decisions For Korean Skincare Products In Indonesia The Influence Of The Korean Wave Phenomenon On Male Customer Purchase Decisions For Korean Skincare Products In Indonesia. Journal Of Entrepreneurship, Management, And Industry, 05(September), 209–224. Https://Doi.Org/10.36782/Jemi.V5i3.2382
Nadila, A. P., & Windasari, N. A. (2022). Analyzing The Influence Of Korean Celebrities As Brand Ambassadors Toward Customer Loyalty In Indonesia. International Journal Of Current Science Research And Review, 05(12), 4808–4818. Https://Doi.Org/10.47191/Ijcsrr/V5-I12-41
Nawari. (2010). Analisis Regresi Dengan MS Excel 2007 Dan SPSS 17. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.
Ningsih, R. W., Wijayanto, G., & Marhadi. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 85–93. Https://Doi.Org/10.56127/Jukim.V1i05.492
Prasetyo, P. E. (2016). Brand Ambassador Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek (Studi Kasus Pada Xl Axiata Di Pelajar Dan Mahasiswa Yogyakarta) [Universitas Negeri Yogyakarta]. Https://Doi.Org/Http://Eprints.Uny.Ac.Id/Id/Eprint/55531
R, M. F., & Mx, D. (2017). Pengaruh Brand Ambassador Dan Hallyu Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Brand Switching Dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Di Jakarta. Jurnal Ekonomi, 19.
Rahmayanti, F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Korean Wave Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pond’s (Study Kasus Mahasiswi Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau.
Rahme, K. A., Yudianto, S. A., Desta, E., Putri, R., & Nastain, M. (2022). The Influence Of NCT 127 Brand Ambassador On The “ Click ” Toothpaste Brand Image In Nctzen. 1(2), 95–101.
Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2012). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1).
Royan, F. M. (2004). Marketing Selebrities, Selebriti Dalam Iklan Dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: Media Komputindo.
Royan, F. M. (2005). Marketing Selebrities. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Safitri, R. A., Suyatno, A., & Rini, S. (2021). Pengaruh Bts Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia. 756–765.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2010). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Penerbit Alfabeta.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Sumiati. (2019). Dampak Etnosentrime Dan Budaya Populer Terhadap Sikap Konsumen Serta Implikasinya Terhadap Minat Beli Konsumen.
Swastha, B. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: Penerbit LPPM.
Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima (Edisi 2). Yogyakarta: Andi.
Tridayanti, F., & Nurfebiaraning, S. (2022). Pengaruh Nct Dream Sebagai Brand Ambassador Terhadap Brand Image Produk Mi Instan Lemonilo Pada Generasi Muda. Medium, 10(2), 67–80. Https://Doi.Org/10.25299/Medium.2022.Vol10(2).10091
Udayana, I. B. N., & Octavian, P. (2022). Pengaruh Nct Dream Sebagai Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Produk Mie Instan Lemonilo. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 874–888. Https://Doi.Org/10.47467/Reslaj.V5i3.1686
Virginia, & Wijaya, L. S. (2020). Analisis Aisas Model Terhadap “ Bts Effect ” Sebagai Brand Ambassador Dan Influencer. 11. Https://Doi.Org/Https://10.31294/Jkom
Wicaksono, M. A., W, A. P., Maryana, D., Ilmu, F., Politik, I., & Brawijaya, U. (2021). Pengaruh Fenomena Tren Korean Wave Dalam Perkembangan Fashion Style Di Indonesia. 2(2).
Widoyoko, E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijaya, I. G. B., & Dewi, N. N. D. R. (2022). Pengaruh Iklan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Mie Lemonilo Di Kota Mataram. Sorot, 17(1), 59. Https://Doi.Org/10.31258/Sorot.17.1.59-68
Yovita, A. S. (2022). Pengaruh NCT Dream Sebagai Brand Ambassador Lemonilo. In Jurnal Ilmiah Fakultas Universitas Islam Riau (Vol. 10, Issue 2). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yusuf, D. A., Tumbel, A. L., & Woran, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Ambassador Kpop Nct Dream Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Mie Lemonilo Di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 965. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V10i3.43526
Zainal Ariffin, Z., Othman, K., Abdullah, R. T., & Wan Mohammad Arif, W. N. A. (2013). Analyzing The Dimension Of Korean Popular Culture Among Malaysian Adolescent. 5th International Conference On Humanities And Social Sciences, August 2014. Http://Www.Libarts-Conference.Psu.Ac.Th/Proceedings/Proceedings5/Proceedings5/CD-Proceedings5/1.2-Analyzing The Dimension Of Korean Popular Culture Among Malaysian Adolescent.Pdf
Zulianti, I. D. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Awarness, Dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah (Studi Pada Mahasiswa FEBI IAIN Metro). Institut Agama Islam Negri Metro.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 427