PENGARUH NCT DREAM SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN DENGAN KOREAN WAVE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p277-289Kata Kunci:
Brand Ambassador; Brand Image; Keputusan Pembelian; Korean WaveAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh NCT Dream sebagai brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian mie instan dengan korean wave sebagai variabel intervening di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang pernah membeli mie lemonilo dan yang mengetahui NCT Dream di Kota Surabaya. Sampel yang digunakan adalah 97 sampel untuk penelitian ini dengan kriteria konsumen yang telah melakukan pembelian lebih dari 2 kali yang berusia 17 tahun hingga 35 tahun, dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi berganda, analisis path pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi IBM 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand ambassador (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mie lemonilo, variabel brand image (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel korean wave (Z) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel brand ambassador (X1) secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui korean wave, variabel brand image (X2) secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui korean wave dan variabel brand ambassador (X2) dan brand image (X2) sama-sama tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui mediasi korean wave (Z) sebagai variabel intervening.
Keywords: Brand Ambassador; Brand Image; Keputusan Pembelian; Korean Wave
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

