PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUOTA INTERNET MELALUI APLIKASI

  • Nurusati Saqdiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Harga;Kualitas Layanan;Kemudahan Penggunaan;Keputusan Pembelian

Abstrak

Besarnya pemakaian koneksi data seluler di Indonesia menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap layanan kuota internet cukup besar. Hal ini membuat operator seluler berinovasi mendigitalkan layanan mereka dengan menghadirkan aplikasi self-care yang memiliki fitur pembelian kuota internet. Dengan adanya aplikasi self-care, cara pembelian kuota internet yang semula dilakukan secara konvensional melalui kios pulsa, kini dapat dengan mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui smartphone. Dengan merujuk pada fenomena tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa apakah harga, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan berdampak pada keputusan pembelian kuota internet melalui aplikasi oleh pengguna di Surabaya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan analisis SEM PLS yang diproses menggunakan alat bantu SmartPLS 3.0. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, di mana sejumlah 204 responden berhasil dikumpulkan sebagai sampel penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli kuota internet menggunakan aplikasi self-care operator seluler (MyTelkomsel, MyIM3, MyXL, Bima+ atau BimaTri, mySF. atau MySmartfren) yang tinggal di Surabaya dengan frekuensi minimal 4 kali pembelian. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa harga tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian secara parsial, sementara kualitas layanan dan kemudahan penggunaan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian secara parsial. Akan tetapi, ketika dipertimbangkan secara bersamaan,  harga, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan memengaruhi keputusan pembelian kuota internet melalui aplikasi pada pengguna di Kota Surabaya secara simultan.

Referensi

APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. (2022). Survei Profil Internet Indonesia 2022. [diunduh 2022 November]. https://apjii.or.id/survei/surveiprofilinternetindonesia2022-21072047

APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. (2020). Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2). [diunduh 2023 Januari]. https://apjii.or.id/survei/surveiinternetapjii20192020q2-21072046

Abdillah, W., & Hartono, J. M. (2014). Konsep Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk penelitian empiris (Edisi Pert). BPFE, Yogyakarta.

Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran (Ed. 1). Rajawali Pers.

Alistriwahyuni, N. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, dan Fitur Layanan i-Saku Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna i-Saku di Indomaret. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 473–478.

Bahri, S., & Listiorini, L. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan dan Kerahasiaan dan Persepsi Kecepatan Terhadap Minat Wajib Pajak dalam Menggunakan E-Filing pada KPP Pratama Binjai. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 19(2), 159–170. https://doi.org/10.30596/jrab.v19i2.4680

Hair, J. F. J., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data analysis (Seventh Ed, p. 643). New Jersey: Prentice Hall.

Istiarni, P. R. D., & Hadiprajitno, P. B. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Kotler, P., Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & M, V. (2018). Principles of Marketing (13th editi). Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th editi). Pearson Education Limited.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Mangkunegara, A. P. (2019). Perilaku Konsumen. Refika Aditama.

Nizardy, N., Hairudinor, H., & Utomo, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Kartu Seluler Telkomsel Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Kartu Halo di Banjarmasin (Studi Pada Kantor Grapari Telkomsel Kota Banjarmasin). Smart Business Journal, 1(2), 1. https://doi.org/10.20527/sbj.v1i2.12791

Novianti, R. A., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh harga, kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian secara online pada situs zalora (studi pada mahasiswa kos perumahan griya shanta eksekutif malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 60–76.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran (Edisi 9). Salemba Empat.

Purwaningtias, D., Nasihin, M., & Arizona, N. D. (2020). E-Business; Konsep Dasar E-Business di Era Digital (1st ed.). Graha Ilmu.

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.com. 5(1).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). ANDI Yogyakarta.

Zhou, R., Wang, X., Shi, Y., Zhang, R., Zhang, L., & Guo, H. (2018). Measuring e-service quality and its importance to customer satisfaction and loyalty: an empirical study in a telecom setting. Electronic Commerce Research, 19(3), 477–499. https://doi.org/10.1007/s10660-018-9301-3

Erik, Erfinanto. (2021). https://www.liputan6.com/surabaya/read/4677538/lebih-dekat-dengan-surabaya-kota-metropolitan-terbesar-kedua-di-indonesia.
Diakses tanggal, 10 Januari 2023.
Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Article
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 237