PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUOTA INTERNET MELALUI APLIKASI

Authors

  • Nurusati Saqdiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p229-239

Keywords:

Price;Service Quality;Ease of Use;Purchasing Decision

Abstract

Besarnya pemakaian koneksi data seluler di Indonesia menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap layanan kuota internet cukup besar. Hal ini membuat operator seluler berinovasi mendigitalkan layanan mereka dengan menghadirkan aplikasi self-care yang memiliki fitur pembelian kuota internet. Dengan adanya aplikasi self-care, cara pembelian kuota internet yang semula dilakukan secara konvensional melalui kios pulsa, kini dapat dengan mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui smartphone. Dengan merujuk pada fenomena tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa apakah harga, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan berdampak pada keputusan pembelian kuota internet melalui aplikasi oleh pengguna di Surabaya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan analisis SEM PLS yang diproses menggunakan alat bantu SmartPLS 3.0. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, di mana sejumlah 204 responden berhasil dikumpulkan sebagai sampel penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli kuota internet menggunakan aplikasi self-care operator seluler (MyTelkomsel, MyIM3, MyXL, Bima+ atau BimaTri, mySF. atau MySmartfren) yang tinggal di Surabaya dengan frekuensi minimal 4 kali pembelian. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa harga tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian secara parsial, sementara kualitas layanan dan kemudahan penggunaan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian secara parsial. Akan tetapi, ketika dipertimbangkan secara bersamaan,  harga, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan memengaruhi keputusan pembelian kuota internet melalui aplikasi pada pengguna di Kota Surabaya secara simultan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Saqdiyah, N., & Patrikha, F. D. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUOTA INTERNET MELALUI APLIKASI. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(3), 229–239. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p229-239

Issue

Section

Article
Abstract views: 495 , PDF Downloads: 475