PENGARUH MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN PRAKERIN MELALUI EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA PROGRAM KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK SURABAYA TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh mata pelajaran produktif dan prakerin melalui efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa program keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XII program keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMKN 4 Surabaya, SMKN 10 Surabaya, SMK PGRI 13 Surabaya yang telah terakreditasi A dan sudah melaksanakan UAS semester I saat kelas XII dan sudah mengikuti kegiatan prakerin yang bekerja sama dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya. Sampel yang digunakan adalah 122 sampel untuk penelitian ini, dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis path pada penelitian ini menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel mata pelajaran produktif (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan . Nilai signifikansi yang diperoleh (0.074 > 0.05) menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan antara Mata Pelajaran Produktif dengan Kesiapan Kerja Siswa. Prakerin juga tidak berpengaruh secara langsung terhadap Kesiapan Kerja. Nilai signifikansi (0.221 > 0.05) menegaskan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara Prakerin dengan Kesiapan Kerja Siswa. Secara signifikan, Efikasi Diri berpengaruh terhadap Kesiapan Kerja. Nilai signifikansi (0.000 < 0.05) menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat efikasi diri siswa, semakin siap mereka dalam menghadapi dunia kerja. Mata Pelajaran Produktif tidak berpengaruh signifikan terhadap Kesiapan Kerja melalui Efikasi Diri sebagai variabel mediasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Efikasi Diri tidak memoderasi hubungan antara Mata Pelajaran Produktif dengan Kesiapan Kerja Siswa. Prakerin berpengaruh terhadap Kesiapan Kerja melalui Efikasi Diri sebagai variabel mediasi. Efikasi Diri mampu menjembatani pengaruh Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa secara signifikan.
References
Ariyanti, W., Baedhowi, & S. (2017). Pengaruh Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. 0, 377–388.
Bandura, A. (2021). Self-Efficacy The Exercise of Control. In The Routledge Handbook of the Psychology of Language Learning and Teaching (pp. 100–111). https://doi.org/10.1177/0032885512472964
Brady, R. P. (2010). Work Readiness Inventory - Administrator ’ s Guide. Job Information Seeking and Training (JIST) Works, 1–16.
Eliyani, C. (2018). Peran Efikasi Diri Sebagai Variable Moderating Dari Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Mandiri, 2(1), 23–41. https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i1.30
Feist. (2011). Theories Of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan penerbit universitas diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21. Cet. Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginanjar, P. A. (2017). PENGARUH PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), SELF EFFICACY DAN KOMPETENSI KEAHLIAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI se-KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016-2017. https://lib.unnes.ac.id/29614/1/7101413025.pdf
Goca, G. A. P. W., Wijayanthi, N. P. P., & Dewi, Y. (2024). Pengaruh Prakerin Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Melalui Efikasi DiriPada Siswa SMKN 1 Bangli. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 6055–6069.
Huda, N. (2015a). Pengaruh Mata Pelajaran Produktif, Praktik Kerja Industri dan Keadaan Ekonomi Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Jurusan Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Skripsi, 4Huda, N.(2), 89–94.
Huda, N. (2015). Scaffolding Info Artikel. Scaffolding, 4(1), 64–70. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/scaffolding
Hudaniah, H., & Utami, Y. G. D. (2013). Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 40–52. www.bps.go.id,
Khadifa, D. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banyudono 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 1–13.
Kurniawati, A., & Arief, S. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Minat Kerja, dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 363–376.
Latif, A., Yusuf, A. M., & Efendi, Z. M. (2017). Hubungan Perencanaan Karier dan Efikasi Diri dengan Kesipan Kerja Mahasiswa. Konselor, 6(1), 29. https://doi.org/10.24036/02017616535-0-00
Lestari, I., & Siswanto, B. T. (2015). Pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar produktif dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6384
M Nur, Y., Pulungan, A. B., & Hamdani, H. (2020). Pengaruh Mata Pelajaran Produktif terhadap Prestasi Prakerin Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Bukittinggi. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 181. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108740
Neswari, W. T. W. A., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin) Program Kelas Alfamidi Dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Bidang Keahlian Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Pgri 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1701–1709. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1701-1709
Nisrina, T. N., Karyaningsih, R. P. D., & Suherdi. (2023). Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa the Influence of Industrial Work Practices and Self-Efficiency on Student Work Readiness. Junal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 3(1), 75–86.
Novariandhini, D. A., & Latifah, M. (2012). Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Akademik Siswa SMA pada Berbagai Model Pembelajaran. In Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen (Vol. 5, Issue 2, pp. 138–146). https://doi.org/10.24156/jikk.2012.5.2.138
Nurussyifa, R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Mata Diklat Produktif Akuntansi, Kompetensi Siswa, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Melalui Mediasi Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 164. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33011
Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar.
Pangastuti, U., Khafid, M., & Artikel, S. (2019). Economic Education Analysis Journal. 8(2), 485–500. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31496
Putu, A. A. A. (2013). Pengaruh Mata Pelajaran Produktif Dan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Tenaga Kerja Industri Jasa Konstruksi Siswa Kelas Xi Jurusan Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 2 Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rediyono, S. (2010). Putra Bangsa Berani Berlayar di Tengah Badai Krisis. Samarinda: Spirit Komunika.
Rifa’i, achmad dan C. T. A. (2012). Psikologi pendidikan. Semarang: UPT Unnes Press.
Sidi, I. D. (2001). Menuju Masyarakat Be_lajar Menggagas Paradigma Baru Pendidi_kan.
slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Stevani, & Yulhendri. (2014). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Siswa dan Self Efficacy Terhada Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 1(1), 53–61.
sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2017). STATISTIKA UNTUK PENELITIAN. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Rineka Cipta, Jakarta.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Syandianingrum, A., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Mata Diklat Produktif Akuntansi dan Pengalaman Prakerin Terhadap Kesiapan Kerja dengan Variabel Moderasi Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 32–45. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p32-45
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Menurut Kabupaten/Kota (Persen), 2021-2023. (n.d.). https://jatim.bps.go.id/indicator/6/54/1/tingkat-pengangguran-terbuka-tpt-provinsi-jawa-timur.html
Triani, D., & Arief, S. (2016). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi, Dan Motivasi Memasuki Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 3(5), 18–23. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Wibowo, A., & . S. (2016). Adversity Quetient, Self Efficacy dan Kesiapan kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Multimedia SMKN 1 Kabupaten Jombang. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 174–180. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.735
Worldometers. (2024 ). Jumlah Penduduk Indonesia. (n.d.). https://www.worldometers.info/world-population/indonesia-population
Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667
Copyright (c) 2024 Anggara Caesarya Prayoga, Finisica Dwijayati Patrikha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 0