PENGARUH PERIKLANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN THE ORIGINOTE EYE SERUM PADA SHOPEE DAN TIKTOK SHOP

  • Alfina Hidayatul Arifasari Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Yuli Rakhmawati

Abstract

This research aims to determine the effect of advertising and price on purchasing decisions for The Originote Eye Serum on Shopee and TikTok Shop. This type of research uses a quantitative approach. The population of this research uses all consumers who purchased The Originote Eye Serum in the city of Surabaya. The sample in this study used was 114 respondents using a porpuvise sampling technique. In this research, data collection used a questionnaire. In this research, the analysis technique used is multiple linear regression analysis using the SPSS version 22 application. The results of this research show that the advertising variable has an effect on purchasing decisions, the price variable has no effect on purchasing decisions, and advertising variables and price on purchasing decisions.

References

Adwimurti, Y., & Sumarhadi, S. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74–90. https://doi.org/10.32509/jmb.v3i1.3070.

Apriani, R. (2021). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Shopee.Co.Id. Skripsi, Manajemen. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Buchari, A. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie), Khasanah Ilmu -Jurnal Pariwisata Dan Budaya, doi: 10.31294/khi.v12i1.10132.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 3.

Herman, H., Suprayetno, J., & Witiyastuty, H. (2021). the Effect of Prices and Promotions on Purchasing Decisions At Pt Putra Usaha Mandiri. International Journal of Economics, Business and Accoounting Research (IJEBAR), 1(3), 253–268. https://ije3.esc-id.org/index.php/home/article/view/35

Herrmann, A., Algesheimer, R., & Dholakia, M. (2007). The Social Influence of Brand Community: Evidence From European Car Clubs. University of St.Gallen, 69. https://doi.org/10.1509/jmkg.69.3.19.66363.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. K. (2019). Marketing 4.0. Jakarta: Gramedia.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Marisa, O., & Rowena, J. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kembali pada Produk High End Make Up and Skin Care Pada Generasi Millenial Jakarta. Jurnal Bina Manajemen, 7(2), 161–170.

Mahmud, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Kota Surabaya. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 5, 157–169. http://repository.untag-sby.ac.id/23484/15/JURNAL.pdf.

Murhadi, W. R. (2022). Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran Merek, Kepercayaan, Word Of Mouth, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Tiktok Shop. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, Volume 16. doi: 10.32812/jibeka.v16i2.471.

Mowen, J., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga.

Octavia, A. N., Erlinda, D., & Lau, M. P. (2023). Analisis Citra Merek , Periklanan dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Fokus EMBA, 02(02), 157–167.

Pamungkas, R. T., & Djulaeka. (2019). Perlindungan Hukum Pemegang Hak Cipta Atas Lagu Yang Diunggah Pada Aplikasi Tiktok, Simposium Hukum Indonesia.

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473

Purnama, N. I., Putri, L. P., & Bahagia, R. (2021). Analisis E-Commerce Dalam Membantu Penjualan UMKM di Tengah Pandemi. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 21(2), 194–200. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ekawan/article/view/8503

Rahmat, A. F., Dedy Ansari Harahap, & Nindya Saraswati. (2023). Pengaruh Advertising, Brand Ambassador dan Product Bundling terhadap Purchase Decision pada Produk Scarlett Whitening. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(2), 749–757. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i2.8010

Rokhim, L. N., & Riyanto, K. (2024). The Influence of Brand Image and Celebrity Endorsers on Sales of Skincare Products The Originote. Journal of Multidisciplinary in Social Sciences, 01(03), 66–71.

Sa'adah, A. N. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok. Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, 2(5).

Sarjita. (2023). Pengaruh Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. JBMA : Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 2715–8594.

Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Aplikasi Ekonomi, Akuntansi Dan Bisnis Vol., 1(1), 001–015. https://doi.org/10.35212/277621

Siahaan, M., & Christiani, D. (2021). the Effect of Prices and Promotions on Purchase Decisions At Shopee ( Case Study of Bhayangkara University Jakarta Raya ). International Journal of Economy, Education and Entrepreneuship, 1(3), 253–268.

Silalahi, F., & Chaniago, H. (2020). Analisis perubahan perilaku konsumen E-Commerce Shopee pada masa pandemi covid-19 di kota bandung. International Journal Administration, Business & Organization, ISSN: 2721-5652, 2(1), 79–88. https://ijabo.a3i.or.id

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia, Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), pp. 16–29.

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar, Jurnal Pemasaran Kompetitif. doi: 10.32493/jpkpk.v4i1.7087.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sofyan, M. Nur Fitri Rahmawati, & Ahmad Junaidi. (2022). Analisis Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Ekspedisi Pt. Kadiri Logistik Cargo. Conference Series, 1(1), 83–95.

Tjiptono, F. (2017), Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: ANDI.

Effendi, T., & Defrizal. (2024). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Produk The Originote Di Bandar Lampung. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 8(1), 128–137. https://doi.org/10.52362/jisamar.v8i1.1417
Published
2024-07-23
How to Cite
Arifasari, A., & Rakhmawati, D. (2024). PENGARUH PERIKLANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN THE ORIGINOTE EYE SERUM PADA SHOPEE DAN TIKTOK SHOP. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 196-206. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/62831
Section
Article
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0