PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TEHNIK PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-BDP1 SMK NEGERI 1 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v10n3.p1739-1747Keywords:
project based learning, teknik promosi, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Project Based learning sebagai usaha untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X-BDP 1 Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Jombang pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data yang didapat adalah data dari hasil observasi pelaksanaan kegiatan oleh guru dan siswa, observasi keaktifan dan soal tes akhir siklus. Ada 2 Siklus dalam penelitian ini, Siklus pertama dengan model ceramah materi teknik promosi periklanan dan tehnik promosi penjualan kemudian diberikan test untuk mengetahui hasilnya. Siklus dua dengan model PBL di mana siswa harus menghasilkan suatu project dalam proses pembelajaran, siswa secata individu untuk membuat desain teknik promosi point of purchase. Kemudian dilakukan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Dalam siklus II disamping ada hasil kognitif juga ada hasil psikomotorik (gambar tehnik promosi Point of Purchase). Penelitian ini dilakukan di kelas X-BDP 1 tahun ajaran 2021/2022 SMKN 1 Jombang dengan jumlah 34 siswa. Hasil penelitian menggambarkan setelah diterapkan model PBL didalam siklus I hasil belajar siswa yang dibawah KKM ada 13 siswa, pada siklus II turun menjadi 6 siswa yang dibawah KKM. Rata-rata nilai pada siklus I 72,5 rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 81,4. Disimpulkan bahwa dengan sedikit upaya KBM akan menjadi menyenangkan dan hasil belajar siswa semakin meningkat
Downloads
References
Buku
AniSetiani, SugengWaluyo, dkk. 2001. PengantarPelayanan Prima, Jakarta : PusatPengembanganPenataran Guru Kejuruan (PPPGK).
Alma, Buchari. 2004. ManajemenPemasarandanPemasaranJasa, Bandung :Alfabeta.
Puspitasari Devi, PenjualanJilid 3, DiterbitkanOlehDirektoratPembinaanSekolahMenengahKejuruan. Klaten : PT. Mancana Jaya Cemerlang. 2008
Ricky W.Griffin, Ronald J.Elbert. , Bisinis edisi 8,2007
Abidin, Yunus. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pusaka Publisher.
Arifin dan Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Made, Wena. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar, S.C. Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Depdiknas dan Rineka Cipta. Sedianingsih, Dr, SE, M.Si, dkk. 2015. Teori Dan Praktik Kesekretariatan. Surabaya. Prenada Media Group.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wahyubagustiadi. 2014. Kelemahan Model Project Based Learning. (Online) http://wahyubagustiadi14.blogspot.com/2014/12/model-project-based-learning-pbl-dalam.html. Diakses pada tanggal 15 Juni 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

