PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN DAYA BELI MASYARAKAT TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI KEDAI YOI SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p216-228Kata Kunci:
Social Media, Purchasing Power, Visiting IntentionAbstrak
Media sosial memiliki dampak besar dalam era modern khususnya semenjak terbukanya gelombang globalisasi. Hal ini tentu memiliki aspek yang signifikan kesegala lini termasuk dalam lini ekonomi dengan pemfokusan segmentasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan variabel Daya beli, media sosial, minat berkunjung dengan pendekatan kuantitatif-deskripstif untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram dan daya beli masyarakat terhadap minat berkunjung di kedai YOI Sidoarjo. Yang mana setelah olah data penelitian dan proses interpretasi telah dilakukan menghasilkan jawaban akan variabel dari media sosial Instagram dan daya beli masyarakat memiliki pengaruh secara parsial maupun simultan terhadap minat berkunjung di kedai YOI Sidoarjo.
Keywords: Media Sosial, Daya Beli, Minat Berkunjung
Unduhan
Referensi
Sri Vini Ramadhan (2021) Nongkrong Cantik dalam Media Sosial Instagram (analisis Deskriptif Kualitif Mengenai Nongkrong Cantik yang dipertontonkan dalam media sosial Instagram).(Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Aldila Septiana. 2016. Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Islam, dalam Jurnal Dinar Ekonomi Syariah. Vol. 1 No. 1.
Anoraga Pandji, S.E.,M.M. (2000). Manajemen Bisnis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suyatno Bagong. (2013). Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme Dan Konsumsi Di Era Masyarakat Post-Modernisme. Edisi Pertama. Jakarta : Kencana.
Donni Juni Priansa, S.Pd., M.M. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta.
Abu Ahmadi. (2009). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Elly Herlyana. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. dalam Jurnal Taqafiyyat, Vol 13, No 01.
Fauzi Ahmad.dkk, Budaya Nongkrong Anak Muda Di Kafe (Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda Di Kota Denpasar).
Basu, Swastha, & Irawan. (2001), Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty
Kotler, Philip & Keller, Kevin L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, Philip. (1994). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1 edisi keenam. Jakarta: Intermedia
Shiffman, Leon & Kanuk, Lesie L. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks Grup Media.
Shiffman, Leon G. Wisenblit, Joseph L. (2014) Consumer Behaviour Eleventh Edition. England : Person Education Limited.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Nadiya Sahlatul Kholik. (2018). KAJIAN GAYA HIDUP KAUM MUDA PENGGEMAR COFFE SHOP. (Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).
Muhammad Reyhan Putra Suryanto. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN PADA OBYEK WISATA DENGAN VARIABEL CITRA DESTINASI SEBAGAI PEMEDIASI. (Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Kotler, Dan Philip. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta ; Gelora Aksara Pratama.
Cannon, Perreault, & McCarthy. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Nasrullah, R. (2016a). Etnografi Virtual. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, R. (2016b). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Azri Yunus (2021). PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI KOPITREE DI MEDAN. (Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan).
Bungin Burhan. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Prenada Media Group.
Nia Adenia (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SECARA OFFLINE PADA TOKO RR STUFF DI BENGKULU (STUDI 25. KASUS MAHASISWA FEBI). (Skripsi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu)
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Imroatun Muawanah (2019). FENOMENA MARAKNYA COFFEE SHOP SEBAGAI GEJALA GAYA HIDUP ANAK MUDA DI KOTA METRO (Studi Pada Mahasiswa IAIN Metro). (Skripsi INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO)
Keller. (2016). Marketing Manajemen. England: Pearson Education.
Solis. (2012). He Complete Guide for Brands and Businesess to Build Cultivate and Measure Success on The Web. New Jersey: Jhon Wiley and Sons.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rena Agustina Sihotang (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL, KUALITAS PRODUK DAN KESADARAN MEREK (BRAND AWARENESS) TERHADAP MINAT BELI PRODUK BRAND MAKEOVERPADA PENGUNJUNG COUNTER MAKEOVERDI SUN PLAZA MEDAN. (Skripsi Universitas Sumatera Utara Medan).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 613
,
PDF Downloads: 560
