PENGARUH PENGGUNAAN PAYLATER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI SHOPEE

Penulis

  • Stifani Stifani Universitas Negeri Surabaya
  • Veni Rafida Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p313-324

Kata Kunci:

Penggunaan paylater, Kemudahan spaylater, Kepuasan pelanggan, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh penggunaan paylater terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian di aplikasi shopee sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data kuisioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya yang pernah melakukan transaksi di Shopee menggunakan metode pembayaran Shopee pay later sebanyak 100 responden. Pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan analisis jalur atau path analysis dengan software WarpPLS versi 7. Hasil penelitian ini adalah penggunaan paylater berpengaruh terhadap kepuasan, penggunaan paylater berpengaruh terhadap keputusan, keputusan berpengaruh terhadap kepuasan, dan Keputusan mampu memediasi pengaruh penggunaan paylater terhadap kepuasan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Novalina, A. A. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Menggunakan Spay Later Di Aplikasi Shopee (Studi Pada Pelanggan Spay Later Di Rawamangun) (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Safitri, C. M. (2020). Pengaruh Manfaat Yang Dirasakan Dan Kenikmatan Yang Dirasakan Terhadap Kepuasan Pelanggan Marketplace Shopee Di Jakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Avriyanti, D. A. M., & Handriana, T. (2022). Pengaruh Percieved Quality Terhadap Percieved Usefulness Dan Perceived Ease Of Use Serta Dampaknya Pada Satisfaction Pada Konsumen Shopee Indonesia. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 7(1), 116-138.

Prasetia, I. A., & Suwitho, S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Minat Pembelian Ulang Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 11(9).

Agrhiantika, A., & Rosha, Z. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Ease Of Use Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marketplace Shopee Di Kota Sungai Penuh Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Doctoral Dissertation, Universitas Bung Hatta).

Meileny, F., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ecodemica, 4(2), 201-202.

Prastyo, I. T. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Berbasis Online Grab (Studi Pada Mahasiswa Layanan Grab Di Universitas Mercu Buana) (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Maulana, M. D. H. (2022). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Risk Dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Pengguna Shopee Di Kalimantan Selatan).

Widodo, J. W. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan Gopay/Jose Wylie Widodo/28180352/Pembimbing: Morryessa Brandinie.

Harisman, H. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pembelian Di Shopee (Survey Pada Konsumen Di Lenteng Agung Jakarta Selatan). Lppm Ibi Kosgoro 1957.

Nugraha, M. A. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Yang Dirasakan Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Intensi Pembelian Secara Online Di E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Aulia Benazir Ali, A. U. L. I. A. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen Dalam Kegunaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Gofood Menggunakan Metode Tam (Doctoral Dissertation, Universitas Sahid Jakarta).

Gunawan, F. (2019). Analisa Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness Terhadap Sikap Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Berbelanja Online Pada Pt Tokopedia Di Jabodetabek (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana).

Rafik, A., & Suardhita, N. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Tokopedia Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 11-22.

Maranik, S. D. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Lazada Pada Mahasiswa Di Jabodetabek (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Albanani, M. T., & Hapsari, R. D. V. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use Terhadap Purchase Intention Dan Attitude Toward Using Sebagai Mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(4).

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Stifani, S., & Rafida, V. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN PAYLATER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI SHOPEE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(3), 313–324. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p313-324

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 844 , PDF Downloads: 468