PENGARUH MATA KULIAH PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN DAN PEMANFAATAN PLATFORM E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS UNESA

Penulis

  • Viera Rieyanthi Putri
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p153-163

Kata Kunci:

Mata kuliah praktik kewirausahaan; Minat berwirausaha; Pemanfaatan platform e-commerce.

Abstrak

Tingkat pengangguran mengalami kenaikan di kalangan individu yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi, sementara prevalensi lulusan Pendidikan Bisnis yang memilih berwirausaha masih tergolong rendah, menandakan bahwa minat berwirausaha di kalangan mahasiswa pada program studi tersebut masih belum mencapai tingkat yang signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mata kuliah praktik kewirausahaan terhadap minat berwirausaha danpengaruh pemanfaatan platform e-commerce terhadap minat berwirausaha serta pengaruh antara mata kuliah praktik kewirausahaan dan pemanfaatan platform e-commerce terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Bisnis Unesa. Penelitian ini menggunakan teori minat Holland yang dikenal sebagai model RIASEC, dengan salah satu tipe kepribadian yang relevan dalam konteks minat berwirausaha adalah Enterprising. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Unesa yang dipilih melalui metode teknik purposive sampling, menggunakan rumus Slovin dengan hasil 98 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mata kuliah praktik kewirausahaan berpengaruh secara parsial terhadap minat berwirausaha, pemanfaatan platform e-commerce juga berpengaruh secara parsial terhadap minat berwirausaha, dan keduanya berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Bisnis Unesa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

Putri, V. R., & Dwijayanti, R. (2024). PENGARUH MATA KULIAH PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN DAN PEMANFAATAN PLATFORM E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS UNESA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 153–163. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p153-163

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 132 , PDF Downloads: 258