PENGARUH BRAND TRUST DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI EMOTIONAL BRAND ATTACHMENT PADA LA TULIPE KOSMETIK

Penulis

  • Mila Bidayah Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Yuli Rakhmawati

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p172-186

Kata Kunci:

brand trust; brand experience; emotional brand attachment; brand loyalty.

Abstrak

Persaingan industri kecantikan yang semakin ketat mendorong setiap perusahaan untuk memiliki strategi supaya dapat menarik emosional konsumen indonesia agar lebih memilih produk kosmetik lokal. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan brand experience terhadap brand loyalty pada La Tulipe kosmetik yang dimediasi melalui emotional brand attachment. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Seluruh konsumen La Tulipe kosmetik merupakan populasi dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 111 responden. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan La Tulipe kosmetik lebih dari dua kali dengan usia 17 tahun ke atas dan berdomisili di Kota Surabaya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Untuk mengevaluasi data penelitian ini menerapkan teknik Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varians khususnya Partial Least Square (PLS) yang dikalkulasikan dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Uji yang dilakukan meliputi outer model, inner model, kecocokan dan kebaikan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand trust tidak berpengaruh terhadap brand loyalty, brand experience berpengaruh terhadap brand loyalty, emotional brand attachment berpengaruh terhadap brand loyalty, brand trust tidak berpengaruh terhadap emotional brand attachment, brand experience berpengaruh terhadap emotional brand attachment, brand trust tidak berpengaruh terhadap brand loyalty melalui emotional brand attachment, brand experience berpengaruh terhadap brand loyalty melalui emotional brand attachment. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

Bidayah, M., & Rakhmawati, D. Y. (2024). PENGARUH BRAND TRUST DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI EMOTIONAL BRAND ATTACHMENT PADA LA TULIPE KOSMETIK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 172–186. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p172-186

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 222 , PDF Downloads: 211