PENGARUH BRAND TRUST DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI EMOTIONAL BRAND ATTACHMENT PADA LA TULIPE KOSMETIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p172-186Kata Kunci:
brand trust; brand experience; emotional brand attachment; brand loyalty.Abstrak
Persaingan industri kecantikan yang semakin ketat mendorong setiap perusahaan untuk memiliki strategi supaya dapat menarik emosional konsumen indonesia agar lebih memilih produk kosmetik lokal. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan brand experience terhadap brand loyalty pada La Tulipe kosmetik yang dimediasi melalui emotional brand attachment. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Seluruh konsumen La Tulipe kosmetik merupakan populasi dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 111 responden. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan La Tulipe kosmetik lebih dari dua kali dengan usia 17 tahun ke atas dan berdomisili di Kota Surabaya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Untuk mengevaluasi data penelitian ini menerapkan teknik Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varians khususnya Partial Least Square (PLS) yang dikalkulasikan dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Uji yang dilakukan meliputi outer model, inner model, kecocokan dan kebaikan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand trust tidak berpengaruh terhadap brand loyalty, brand experience berpengaruh terhadap brand loyalty, emotional brand attachment berpengaruh terhadap brand loyalty, brand trust tidak berpengaruh terhadap emotional brand attachment, brand experience berpengaruh terhadap emotional brand attachment, brand trust tidak berpengaruh terhadap brand loyalty melalui emotional brand attachment, brand experience berpengaruh terhadap brand loyalty melalui emotional brand attachment.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

