PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL MONEY DAN PLATFORM E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA

Penulis

  • Mila Rahma Wati Arifin Septyan Budy Cahya
  • Septyan Budy Cahya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p263-272

Kata Kunci:

Digital Money, E-commerce, Mahasiswa, Perilaku Konsumtif

Abstrak

Pandemi COVID-19 telah mendorong peningkatan adopsi platform digital khususnya platform digital money dan e-commerce di kalangan masyarakat, termasuk mahasiswa yang merupakan salah satu kelompok dengan tingkat konsumsi digital yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan platform digital money dan e-commerce terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental. Subjek penelitian adalah 378 mahasiswa FEB Universitas Negeri Surabaya angkatan 2020-2023 yang aktif menggunakan platform digital money dan e-commerce. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan platform digital money dan platform e-commerce berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, baik secara parsial maupun simultan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penggunaan platform digital money dan e-commerce, maka semakin besar pula kecenderungan perilaku konsumtif yang ditunjukkan oleh mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

Wati Arifin, M. R., & Cahya, S. B. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL MONEY DAN PLATFORM E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 263–272. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p263-272

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 355 , PDF Downloads: 581