PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL MONEY DAN PLATFORM E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p263-272Kata Kunci:
Digital Money, E-commerce, Mahasiswa, Perilaku KonsumtifAbstrak
Pandemi COVID-19 telah mendorong peningkatan adopsi platform digital khususnya platform digital money dan e-commerce di kalangan masyarakat, termasuk mahasiswa yang merupakan salah satu kelompok dengan tingkat konsumsi digital yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan platform digital money dan e-commerce terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental. Subjek penelitian adalah 378 mahasiswa FEB Universitas Negeri Surabaya angkatan 2020-2023 yang aktif menggunakan platform digital money dan e-commerce. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan platform digital money dan platform e-commerce berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, baik secara parsial maupun simultan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penggunaan platform digital money dan e-commerce, maka semakin besar pula kecenderungan perilaku konsumtif yang ditunjukkan oleh mahasiswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

