HUBUNGAN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA ATLETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJASORKES ATLETIK SISWA TUNARUNGU DI SMALB PGRI PAMEKASAN

  • RAM GHUFRON MAULANA RAHMAN

Abstract

HUBUNGAN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA ATLETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJASORKES ATLETIK SISWA TUNARUNGU DI SMALB PGRI PAMEKASAN 

S-1 Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya

Ukynna@yahoo.co.id

Ram Ghufron M. R, Heri Wahyudi

 

ABSTRAK

Pemanfaatan sarana dan prasarana merupakan bagian dari strategi pengajaran, yang menggunakan berbagai fasilitas, perlengkapan, peralatan olahraga atletik yang ada sesuai dengan kebutuhan siswa. Ini juga berlaku bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang menderita kehilangan fungsi pendengaran (tunarungu) agar para siswa bisa mencapai prestasi belajar maksimal siswa dalam olahraga atletik sesuai dengan karakteristik masing-masing siswa.

Dengan menggunakan metode survey korelasional maka tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang hubungan pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga atletik terhadap prestasi belajar atletik. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas XI dan XII di SMALB PGRI Pamekasan.

Dari survey dan analisa dapat disimpulkan hasil penelitian yaitu : skor total dari varibel X = 249 dan variabel Y = 284 dan hasil korelasi product moment sebesar 0,907 termasuk dalam kategori sangat kuat. Uji signifikasi langsung dikonsultasikan pada r tabel product moment dengan taraf kesalahan 5 % tertera r tabel 0,878 maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sarana dan prasarana atletik terhadap prestasi belajar penjasorkes atletik siswa tunarungu di SMALB PGRI Pamekasan.

 

Kata kunci : Pemanfaatan, Sarana, Prasarana, Penjasorkes, Atletik, Prestasi, Belajar

 

ABSTRACT

 

Utilization of facilities and infrastructure is part of teaching strategies, which use a variety of facilities, equipment, athletic sports equipment that is appropriate to the needs of students. This is also true for children with special needs (ABK) who suffered hearing loss (deaf) that students can achieve maximum student learning achievement in athletics in accordance with the characteristics of each student.

By using correlational survey method, the purpose of this research is to gain an overview of the relationship utilization of sports facilities and infrastructure on learning achievement athletic athletics. The objective of this research is deaf students of class XI and XII in SMALB PGRI Pamekasan.

From the survey and analysis of the results of the research can be summarized as follows: total score of variables X = 249 and Y = 284 and the results of the product moment correlation of 0.907 is included in the category of very strong. Significance test directly consulted on product moment r table with 5% error level indicated 0.878 r table then there is a positive and significant relationship between the use of athletic facilities and infrastructure athletic on learning achievement athletic deaf students in SMALB PGRI Pamekasan.

 

Keywords : Utilization, Facilities, Infrastructure, Penjasorkes, Athletics, Achievement, Learning

 

Published
2015-03-12
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 1560