ANALISIS BIOMEKANIK TENDANGAN KARATE YOKO GERI KEKOMI (studi pada atlet dojo karate MAHAMERU Jombang )

  • RISMA SATRIA WIJAYA

Abstract

ANALISIS BIOMEKANIK TENDANGAN KARATE YOKO GERI KEKOMI

(Studi pada atlet dojo karate MAHAMERU Jombang)

Risma Satria Wijaya, Heri Wahyudi

 

ABSTRAK

Karate merupakan salah satu seni beladiri terkenal didunia.Setelah perang dunia II berakhir,karate berkembang menjadi salah satu olahraga prestasi yang telah banyak dipertandingkan di seluruh dunia.(Rahmadi,2007:150).Di dalam olahraga karate terdapat beberapa teknik dasar yang meliputi kihon,kata dan kumie.Teknik kihon meliputi teknik gerakan dasar yang meliputi memukul,menendang dan menangkis.Menurut PUSDIKLAT FORKI bahwa poin yang terbesar didalam pertandingan kumite adalah dengan menggunakan tendangan.Ada berbagai macam jenis tendangan pada olahraga karate,salah satu tendangan yang paling populer didunia karate adalah tendangan Yoko Geri Kekomi.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis,yaitu hanya sebatas pada penyajian hasil pengukuran yang berkaitan dengn sudut segmen tubuh,kecepatan tendangan dan urutan tahapan gerakan tendangan Yoko Geri Kekomi.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan data hasil analisis tendangan Yoko Geri Kekomi yang meliputi besar sudut segmen tubuh,kecepatan tendangan dan urutan tahapan gerakan tendangan Yoko Geri Kekomi.Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah atlet atau karateka dojo karate mahameru Jombang.Subjek penelitian berjumlah 1 orang.Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software dartfish.

Dari hasil penelitian dan pembahasan telah diperoleh tendangan Yoko Geri Kekomi yang paling tercepat adalah pada tendangan yang pertama dengan kecepatan 4,54 m/s dan tendangan yang paling lambat adalah pada saat tendangan yang kedua dengan kecepatan 2,96 m/s . Adapun analisis sudut segmen tubuh pada tendangan pertama adalah dengan sudut kemiringan tubuh 146,70 dan sudut kemiringan tendangan 91,10.kemudian pada tendangan kedua dengan sudut kemiringan tubuh 140,00 dan sudut kemiringan tendangan 112,00.Sehingga diperoleh kesimpulan dengan sudut kemiringan tendangan yang tidak lebih dari 100,50 maka kecepatan tendangan yang dihasilkan akan semakin cepat.Untuk  menganalisis  suatu  gerakan  hendaknya  menggunakan program software  Dartfish  atau  sejenisnya..

 

Kata kunci : karate, analisis, gerakan tendangan,Yoko Geri Kekomi

 

ABSTRACT

 

Karate is one of the world-famous martial arts. after World War II ended, karate evolved into one of the sporting achievements which has been widely contested throughout the world (Rahmadi,2007:150). In the sport of karate there are some basic techniques that include kihon,kata and kumite. Kihon techniques include basic movement techniques which includes hitting, kicking and parry. According PUSDIKLAT FORKI that the biggest points in the game kumite is to use a kick. There are various types of sport karate kick on, one of the world's most popular kick in the karate is a Yoko Geri Kekomi. This type of research used in this study is descriptive analysis, which was limited to the presentation of the results of measurements associated with less body segment angle, speed and sequence of stages Yoko geri kekomi kick motion. The purpose of this research is to obtain information and data analysis results Yoko Geri Kekomi kick which includes a large segment of the body angle, speed and sequence of stages Yoko geri kekomi kick motion. In this study, the research subjects were athlete or karateka karate dojo Mahameru Jombang. Subjects numbered 1 person. Data processing techniques used in this study dartfish software.

                From the research and discussion has acquired a Yoko Geri Kekomi kick is the most fastest on the first kick with a speed of 4.54 m/s and kick the slowest is when the second kick with a speed of 2.96 m/s. The analysis of body segment angle on the first kick is the body tilt angle 146.70, and the angle of the kick 91.10.  then on the second kick to the body tilt angle 140.00 and the tilt angle kicks 112.00.  So it is concluded with a slope angle of no more kick than 100.50 then the resulting kick velocity will be the faster. To analyze the motion should using Dartfish software program or the like.

 

 Keywords: karate, analysis, kick movement, Yoko Geri Kekomi.

Published
2015-03-18
Abstract Views: 402
PDF Downloads: 841