PERBANDINGAN ANTARA PRESTASI KETEPATAN SERVIS ATAS DENGAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI (Studi Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMA Negeri 1 Ngraho Bojonegoro Tahun Ajaran 2013/2014) 

  • ISNAENY HERRY ARIEF TANADHA

Abstract

PERBANDINGAN ANTARA PRESTASI KETEPATAN SERVIS ATAS DENGAN SERVIS BAWAH DALAM

PERMAINAN BOLAVOLI

(Studi Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMA Negeri 1 Ngraho Bojonegoro Tahun Ajaran 2013/2014)

 

Isnaeny Herry Arief Tanadha, Andun Sudijandoko

Mahasiswa S1 Ilmu Keolahragaan, Herrytanadha@gmail.com

 

Abstrak

Untuk dapat melakukan servis dengan ketepatan dan keakurasian yang baik tidak lepas dari pembinaan dan latihan yang konsisten. Salah satu tempat pembinaan bolavoli untuk siswa di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler salah satunya di SMA Negeri 1 Ngraho, Bojonegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik servis yang mempunyai ketepatan lebih baik, antara teknik servis atas dengan servis bawah dan untuk membandingkan ketepatan antara servis atas dengan servis bawah manakah yang lebih signifikan pada peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Ngraho, Bojonegoro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti dalam pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel penelitian diberikan pada semua siswa peserta ekstrakurikuler putra bolavoli SMA Negeri 1 Ngraho Bojonegoro tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 26 orang. Data yang diperoleh diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data dengan menggunakan t-Test untuk sampel yang sejenis (dependent sample) maka didapatkan nilai    4,273 >  2,060 dengan taraf signifkan 0,05, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara prestasi ketepatan servis atas dengan servis bawah dalam permainan bolavoli pada peserta ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Ngraho Bojonegoro Tahun Ajaran 2012/2013.

 

Kata Kunci: Ketepatan, Servis Atas, Servis Bawah

 

Abstract

To be able to do good service with great precision and accuracy, it can not be separated by the exercise and practice consistently. One of the scopes volleyball coaching to students in the school is the extracurricular activity in SMA Negeri 1 Ngraho, Bojonegoro. The aims of this study are to know the service technique which has good accuracy, between overhead and underhand service and to compare the precision of those service, which one is more significant on extracurricular participants of SMA Negeri 1 Ngraho, Bojonegoro. This study is non-experiment research by using descriptive quantitative approach. In this research, the reasearcher takes samples by purposive sampling. The study samples are given to 26 male students of SMA Negeri 1 Ngraho Bojonegoro Academic year 2013/2014, who participate in volleyball extracurricular. The data obtained were examined by using t-test. Based on calculation of data analysis using T-Test for similar samples (dependent sample) then the value obtained t_aritmetic 4,273> 2,060 t_table with significant point 0,05, it means that there is a significant difference between the precision of overhead and underhead service in volleyball game on extracurricular participants SMA Negeri 1 Ngraho Bojonegoro Academic Year 2012/2013.

 

Key word: Accuracy, Overhead Service, Underhand Service

 

 

Published
2015-03-18
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 27