Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Vandalisme Suporter Sepakbola di Indonesia (Studi Kasus Pada Suporter LA Mania Lamongan)

  • FERRY SEPTIAN INDIARTO

Abstract

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Vandalisme Suporter Sepakbola di Indonesia

(Studi Kasus Pada Suporter LA Mania Lamongan)

Ferry Septian Indiarto,Isbondo Tjahjono

S-1 Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya

 anandaferryseptian@gmail.com

 

Abstrak

Vandalisme merupakan perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya secara kasar dan ganas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya vandalisme suporter LA Mania. Penelitian ini menggunakan metode analisis data. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Obyek dalam penelitian ini adalah Ketua Suporter LA Mania, Ketua PANPEL Pertandingan, Psikolog atau Sosiolog Olahraga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penyebab terjadinya vandalisme adalah elemen-elemen dalam persepakbolaan yang tidak berjalan sesuai regulasi, 2) Kesenjangan sosial ekonomi dan rendahnya pendidikan adalah faktor di luar sepakbola yang juga menjadi penyebab terjadinya vandalisme, karena mayoritas suporter sepakbola merupakan golongan kelas menengah ke bawah, baik secara ekonomi dan pendidikan, 3) Ketidakpercayaan terhadap sistem hukum menjadikan masyarakat akan melakukan upaya untuk  melakukan pengadilan sendiri

 

Kata kunci: Vandalisme, Suporter, Sepakbola, dan LA Mania.

 

Abstract

Vandalism is any activity that is intentionally damaging or destroying property belonging to other people. This study aims to identify the factors causing vandalism of LA Mania Supporters. Data analysis was used as the method of this study.The design of the study was descriptive qualitative. The objects of the study were the leader of LA Mania fans, the leader of executive commitee match, and the psychologist or sociologist of sport. Interview, observation, and documentation were used as the instrument of the study. Moreover, finding and constructing the collected data systematically were used as the data analysis technique. The result of the study showed that: (1) the factors causing vandalism were the elements of football which was not according to regulations; (2) socio-economic gap and the low level of education were the external factors which caused the vandalism since most of football fans came from lower middle class both in economy and education; (3) the large numbers of distrust toward law system made the society committed to vigilantes.

 

Keywords: Vandalism, Fans, Football, and LA Mania.

 

Published
2015-03-19
Abstract Views: 178
PDF Downloads: 309