ANALISIS KETERAMPILAN SPIKE BOLAVOLI PUTRA SAMATOR PADA FINAL FOUR PROLIGA 2015

  • DWIYAN DIDAYA

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS KETERAMPILAN SPIKE BOLAVOLI PUTRA SAMATOR PADA FINAL FOUR PROLIGA 2015

Dwiyan Didaya

Spike dalam permainan bolavoli merupakan suatu gerak kerja yang bertujuan untuk mematikan pertahanan lawan. Oleh sebab itu yang perlu diperhatikan dalam melakukan spike adalah kecepatan dan ketepatan mengarahkan bola, dimana seorang pemain melompat tinggi untuk memukul bola yang bergerak dengan tenaga dan arah yang tepat serta melampaui net. Spike merupakan gerak kerja yang terpenting dan terakhir dalam gerak kerja serangan. Seorang spiker merupakan salah satu posisi yang sangat vital dalam permainan bolavoli. Spiker diibaratkan sebagai mesin pembunuh bagi timnya untuk memperoleh point dan memenangkan suatu pertandingan. Namun, menjadi seorang spiker yang handal tidaklah mudah, sebab dibutuhkan kemampuan dan latihan ekstra keras yang rutin dan terprogram bagi atlet tersebut agar kelak nantinya dia dapat berprestasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan salah satu teknik bermain dalam bolavoli yaitu spike bolavoli tim putra Surabaya Samator pada final four PROLIGA 2015.

Subyek dari penilitian ini adalah seluruh pemain tim putra Surabya Samator yang bertanding di final four PROLIGA 2015. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif.

Analisis data dari keterampilan spike sebagai berikut : Aktifitas spike jika dilihat dari seluruh pertandingan sebanyak 696 kali dengan rincian spikes sebanyak 332 kali (47,9 %), faults sebanyak 117kali (16,9 %) dan shots sebanyak 247 kali (35,4 %). Rata-rata dalam setiap pertandingan terdapat 99,4 kali aktifitas spike dengan rata-rata spikes 47,4 kali, faults 16,7 kali dan shots 35,2 kali aktifitas. Hasil aktifitas spike yang tinggi dapat dipengaruhi oleh ketatnya skor dalam setiap pertandingan. Selain itu,spike yang dilakukan dapat dipengaruhi oleh tingkat serangan dari lawan dan keberhasilan recieve, difence, dan block dari tim.

Simpulan dari penelitian bahwa tingkat keefektivitasan dalam melakukan spike sangat penting bagi tim untuk memaksimalkan poin dari setiap pertandingan. Kualitas pemain lokal masih kalah dengan pemain asing yang direkrut oleh tim Surabaya Samator.

Kata Kunci : Keterampilan, Spike, Putra Final Four PROLIGA 2015

Published
2016-05-20
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 48