Analisis Gerakan Handspring Senam Artistik Dalam Perspektif Gerak Pada Biomekanik Olahraga

  • BARLIAN KUSUMA W

Abstract

Analisis Gerakan Handspring Senam Artistik

Dalam Perspektif Gerak Pada

Biomekanik Olahraga

 

Barlian Kusuma Wardana

 

ABSTRAK

Biomekanik olahraga merupakan ilmu yang mempelajari tentang gaya-gaya pada makhluk hidup baik internal maupun eksternal denganhukum-hukum mekanika pada saat melakukan olahraga.Handspring adalah salah satu elemen kunci dari gerakan akrobat yang menghubungkan gerakan lebih lanjut dengan unsur akrobatik lainnya pada senam. Biomekanik bertugas sebagai penjelas dari gerakan handspring.

Tujuan dari penelitian adalah untukmemperoleh hasil analisis dari vidio rekaman gerakan handspring. Analisis yang dilakukan disini meliputi pengelompokan kelas pengungkit pada sendi pada saat melakukan gerak dan jenis gerak otot, besar gaya berat dan gaya normal agar tetap pada posisi seimbang, besar energi potensial gravitasi saat posisi lenting diudara, dan letak pusat massa pada saat posisi lenting diudara.

Hasil penlitian menunjukan bahwa testee meiliki gaya total nol pada posisi berdiri sehingga dikatakan seimbang. Besar energi potensial gravitasi pada testee adalah 346,5 joule. Dengan cara the segmental method penentuan pusat massa berada pada koordinat 70,98 pada sumbu X dan 76,22 pada sumbu Y pada posisi lenting diudara.

 

Kata kunci : handspring,keseimbangan, gaya, pusat massa.

Published
2016-05-23
Abstract Views: 307
PDF Downloads: 257