KONTRIBUSI STATUS GIZI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SEKOLAH DASAR(Siswa pada Siswa Perempuan Kelas V SDN Tempel Krian, Sidoarjo)

  • MOCH. ROHMAN

Abstract

ABSTARK

Status gizi merupakan ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi untuk anak yang diindikasikan oleh berat dan tinggi badan. Selain itu, status gizi merupakan status kesehatan yang dihasilkan dari keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrisi. Kemampuan motorik kasar merupakan kemampuan beraktifitas dengan menggunakan otot-otot besar yang membutuhkan koordinasi bagian tubuh seperti mata, tangan dan aktifitas otot kaki dalam menyeimbangkan tubuh. Oleh karena itu kemampuan motorik kasar sangat penting dikuasai oleh seseorang anak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi status gizi terhadap kemampuan motorik kasar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena menggambarkan keadaan status gizi terhadap kemampuan motorik kasar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei dengan teknik tes. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa perempuan kelas V yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes antropometri yang meliputi tes tinggi badan dan berat badan. Selain itu, tes kemampuan motorik kasar yang meliputi tes lompat jauh tanpa awalan (kekuatan), lari zig-zag (kelincahan), lari 30 meter (kecepatan) dan tes lempar bola (ketepatan).

Hasil analisis data menggunakan bantuan program SPSS for windows 18.0 dapat diketahui bahwa bahwa nilai sig lebih besar dari alfa yaitu dan nilai korelasi status gizi terhadap kemampuan motorik kasar siswa. Serta kontribusi dan .hal ini menunjukan bahwa kontribusisangat rendah terhadap kemampuan motorik kasar siswa perempuan sebesar 1.72%. dan diperoleh nilai sebesar 2,41. Maka disimpulkan bahwa dengan melihat hasil analisis data. Ketika ditolak maka diterima yang artinya terdapat kontribusi status gizi terhadap kemampuan motorik kasar siswa kelas kelas V SDN Tempel Krian Sidoarjo.

Kata kunci: status gizi, kemampuan motorik kasar siswa

ABSTRACT

NUTRITIONAL STATUS CONTRIBUTES TO THE GROSS MOTOR SKILLS OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS

(Studies on female students grande five elementary school Tempel Krian, Sidoarjo)

Nutritional status is a measure of success in the fulfillment of nutrition for the child indicated by weight and height. In addition, the nutritional status of the health status resulting from a balance between the needs and input of nutrients. Gross motor skills is the ability of the activity using the large muscles that require coordination of body parts such as eyes, hands and leg muscle activity in balancing the body. It is therefore very important gross motor skills mastered by a child.

This study aims to determine the nutritional status contributes to the gross motor skills of students. This type of research is a descriptive study with a quantitative approach because it describes the state of the nutritional status of the gross motor skills of students. The study design used is survey with the testing techniques. The research sample that is the entire fifth grade female students who totaled 24 siswa.Instrumen applied that test includes testing anthropometric height and weight. In addition, gross motor skills tests which include the long jump test without prefix (strength), larizig-zag (agility), run 30 meters (speed) and ball throwing test (accuracy).

Results of data analysis using SPSS for windows 18.0 can be seen that the value of sig is greater than alpha is and nil correlation of nutritional status on the gross motor skills of students As well as the contribution and this shows that the contribution is very low on gross motor abilities of female students amounted to 1.72%. and obtained a value of 2.41. It was concluded that by looking at the results of the data analysis. When rejected, which means that there are acceptable nutritional status contributes to the gross motor skills class grade students of SDN Paste Krian Sidoarjo.

Keywords: nutritional status, gross motor skills of students

Published
2016-05-23
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 46