PENGARUH SENAM YOGA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN WANITA PRA MENOPAUSE

  • DHYMAZ RANGGA BISTARA SAPUTRA
  • Roy Januardi Irawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Senam yoga adalah suatau usaha atau cara untuk menyatukan kekuatan jiwa danraga serta alam sebagai sarana penyembuhan berbagai penyakit jasmani ataupun rohani melalui gerakan anggota gerak tubuh yang luwes. Kecemasan merupakan suatu masalah psikologis yang dirasakan setiap manusia, wanita pada umumnya selalu mencemaskan sesuatu yang memang akan terjadi seperti (menopause). Menopause adalah sudah berakhirnya masa-masa haid dan menstruasi, atau proses ovulasi atau pembuahan sel telur juga turut berhenti.

Berdasarkan permasalahan pada tingkat kecemasan pada usia menopause didapatkan rumusan masalah sebagai berikut : Ada pengaruh senam yoga terhadap tingkat kecemasan pada pra menapouse. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sebarapa besar pengaruh senam yoga terhadap tingkat kecemasan.

Metode penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dengan memberikan pertanyaan yang terdapat poin-poin di dalamnya.Dari hasil penelitian dapat disimpulan dan diperoleh nilai Thitung sebesar 486,667 > Ttabel sebesar 1,84, karena nilai dari Thitung> Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima yang berarti terdapat perubahan pada tingkat kecemasan wanita pra menopause.

Author Biography

Roy Januardi Irawan, Universitas Negeri Surabaya
Sporta science department
Published
2016-10-26
Abstract Views: 309
PDF Downloads: 1563