PENGARUH SENAM ANAK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK SISWA(Studi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al Mubarok di Surabaya)

  • ALFIAN HARI INDRIANI

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui jelas pengaruh latihan Senam Anak Indonesia terhadap Kemampuan Motorik pada siswa SD Islam Al Mubarok Surabaya. Hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi guru penjaskes sebagai bahan rujukan yang berguna sebagai pedoman dalam menggambarkan keadaan siswa tentang kemampuan motorik. Metodologi peneliti menggunakan metode eksperimen, melaksanakan treatment yaitu latihan senam irama 4 kali seminggu atau 24 kali pertemuan. Sampel yang digunakan adalah sampel total. Seluruh siswa kelas IV sebanyak20 siswa dan 12 orang kelas eksperimen. Teknik pengumpulan dengan tes kemampuan motorik teknik analisis data menggunakan uji-t.

Hasil perhitungan dan analisis data yang diperoleh dari tes pengukuran, latihan Senam Anak Indonesia empat kali seminggu berpengaruh terhadap kemampuan motorik secara bermakna, hasil uji signifikan menunjukan angka sebesar 1.11500.

Published
2016-10-26
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 41