MOTIVASI INTRINSIK PESERTA PUTRI SMA AL HIKMAH SURABAYA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLABASKET

  • AMI LAILA

Abstract

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Motivasi ada dua, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi yang tercakup didalam situasi belajar dan memenuhi kebutuhan dan tujuan-tujuan siswa. sedangkan motivasi ekstrinsik adalah bersumber dari luar diri individu untuk melakukan aktivitas oalahraga. Timbulnya motivasi terhadap suatu objek ditandai dengan adanya rasa senang atau tertarik. Apabila motivasi peserta putri tinggi maka dapat diaharapkan kegiatan ekstrakurikuler akan berlangsung dengan baik, tetapi sebaliknya kegiatan ekstrakurikuler akan berlangsung tidak baik. Dengan motivasi yang begitu kuat, sesuatu yang sulit menjadi mudah untuk melakukan, dan sesuatu yang berat menjadi ringan untuk dilaksanakan.

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya diluar jam kurikulum standar. Dengan adanya ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya diberbagai bidang diluar bidang akademik. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di SMA Al Hikmah Surabaya salah satunya adalah motivasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi intrinsik peserta dalam mengikuti ekstrakurikuler bolabasket. Hasil penelitian ini menggunakan angket tertutup yang diberikan kepada semua peserta putri yang mengikuti ekstrakurikuler.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan untuk menjawab rumusan masalah, diperoleh hasil perhitungan rata-rata persentase dari setiap indikator. Indikator pengtahuan indikator senang, indikator sehat dan bugar, indikator tantangan, indikator pestasi dengan kriteria sangat tinggi, dan untuk indikator keinginan dengan kriteria tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi peserta putri SMA Al Hikmah Surabaya dalam mengikuti ekstrakurikuler bolabasket terbukti sangat tinggi.

Kata Kunci: Motivasi, Ekstrakurikuler, Intrinsik, dan Bolabasket

Published
2016-12-23
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 55