TINGKAT KECEMASAN ATLET BOLAVOLI PUTRI SURABAYA PADA KEJUARAAN LIGA REMAJA TINGKAT JAWA TIMUR TAHUN 2016

  • YOLANDA WINSA PRADINA

Abstract

ABSTRAK

TINGKAT KECEMASAN ATLET PUTRI SURABAYA PADA KEJUARAAN LIGA REMAJA TINGKAT JAWA TIMUR TAHUN 2016

Nama : Yolanda Winsa Pradina

NIM : 120604840248

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi

Fakultas : Ilmu Keolahragaan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Made Pramono, M.Hum

Kecemasan adalah salah satu bentuk reaksi kejiwaan atau emosi terhadap suatu kondisi yang dianggap sebagai ancaman, dengan kata lain kecemasan dapat diartikan sebagaisuatu reaksi emosi atau perasaan tidak berdaya dan tidak aman yang menghinggapi seorang atlet tanpa sebab yang jelas pada saat menjelang pertandingan. Perasaan cemas apabila tidak mampu dikendalikan dengan baik kinerja atlet menjadi kurang optimal, seperti:pelaksanaan strategi, taktik, dan teknik yang telah dipersiapkan sebelum pertandingan menjadi tidak jalan. Oleh karena itu masalah kecemasanatlet dalam menghadapi kejuaraan merupakan faktor yang penting untuk menjadi perhatian yang lebih dalam melakukan pembinaan atlet, terutama pada atlet bolavoli khususnya atlet Putri Surabaya dalam mengikuti Kerjuaraan Liga Remaja tingkat Jawa Timur tahun 2016.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan atlet Bolavoli Putri Surabaya dalam menghadapiKejuaraan Liga Remaja tingkat Jawa Timur tahun 2016. Sasaran penelitian ini adalah atlet Bolavoli Putri Surabaya usia 12 sampai 16 tahun yang mengikuti Kejuaraan Liga Remaja tingkat Jawa Timur tahun 2016 yang berjumlah 12 pemain. Metode dalam analisa ini menggunakan metode campuran transformatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket (kuesioner). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Sport Competition Anxiety Test (SCAT).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecemasan atlet Bolavoli Putri Surabaya secara keseluruhan dapat dikategorikan kecemasan sedang atau rata-rata dengan skor 18,33. Dengan skor tersebut atlet dapat mengendalikan permainan dan lebih maksimal untuk mencapai kemenangan. Terbukti Atlet Bolavoli Putri Surabaya mendapatkan kemenangan dengan meraih juara 1 dalam Kejuaraan Liga Remaja Tingkat jawa Timur Tahun 2016.

Kata Kunci: Kecemasan, Bolavoli, Kejuaraan, Atlet.

Published
2016-12-23
Abstract Views: 168
PDF Downloads: 408