PENGARUH PEMBERIAN MASASE LOKAL SEBAGAI TAMBAHAN PEMANASAN TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN

  • ERVIN EKO WAHONO

Abstract

Kartika Chandra Dewi, Joesoef Roepajadi
Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian masase lokal sebagai tambahan pemanasan terhadap kekuatan otot lengan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan desain posttest-only control-group design. Subjek sampel yang digunakan adalah Tim Bola Voli Putra UNESA yang terdiri dari 6 orang kelompok kontrol dan 6 orang kelompok eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di GOR Bima UNESA.
Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan didapatkan nilai untuk kelompok kontrol (M) 33,1, (S12) 80,2, (S) 8,95 dan kelompok eksperimen (M) 39,5, (S22) 46,7, (S) 6,83.
Untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji beda dua rata-rata (uji-t independent) yang didapatkan nilai t = 2,656, t kritis untuk derajat kebebasan n1 + n2 – 2 = 10 dan α = 0,05 adalah 2,228. Oleh karena t hitung lebih besar dari t kritis (2,656 > 2,228), H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi disimpulkan bahwa ada perbedaan kekuatan antara kelompok kontrol yang diberi stretching dengan kelompok eksperimen yang diberi masase lokal.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh dari pemberian masase lokal sebagai tambahan pemanasan yang dapat meningkatkan kekuatan otot lengan.
Kata Kunci : Masase lokal, pemanasan, kekuatan otot lengan.

Published
2013-05-22
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 112