MOTIVASI SISWA-SISWI SMA NEGERI 1 TUBAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET

  • ALDHAKA TRIYA RINEKSA

Abstract

ABSTRAK

Motivasi merupakan suatu dorongan yang terjadi dalam diri individu untuk senantiasa meningkatkan kualitas tertentu dengan sebaik-baiknya atau lebih dari biasa lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa-siswi SMA Negeri 1 Tuban dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket dengan subyek penelitian sebanyak 33 peserta yang terdiri dari 18 laki-laki dan 15 perempuan.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penyusunan perangkat angket. Pada penelitian ini angket yang disusun secara terstruktur dengan menggunakan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert.

Hasil penelitian motivasi siswa-siswi SMA Negeri 1 Tuban dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket dapat dilihat dengan menunjukkan prosentase dimensi intrinsik sebesar 88,85% sedangkan dimensi ekstrinsik sebesar 79,46%. Dengan total prosentase motivasi sebesar 84,83% yang menunjukkan kategori sangat tinggi.

Kata kunci : Motivasi, Ekstrakurikuler, Bolabasket


ABSTRACT

Motivation is an impulse that occurs with in the individual to always improve a certain quality with the best or more than usual do. This study aims to determine the level of motivation Students High School of Country 1 Tuban in following the extracurricular activities of basketball with the subject of research as many as 33 participants consisting of 18 men and 15 women.

The type of research used in this study is quantitative with the method of preparation of questionnaires. In this study, questionnaires are structured in accordance with the factors that influence motivation, namely intrinsic and extrinsic. The measurement scale used in this research is Likert scale.

The result of motivation research of High School Students of Country 1 Tuban in following extracurricular activity of basketball can be seen by showing the percentage of intrinsic dimension of 88,85% while extrinsic dimension is 79,46%. With a total percentage of motivation of 84.83% which indicates very high category.

Keywords : motivation, extracurricular, basketball





Published
2018-08-06
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 53