PENGARUH PELATIHAN OLAH KAKI DENGAN MENGGUNAKAN ROMPI PEMBERAT (WEIGHTED VEST) TERHADAP PENINGKATANKELINCAHAN PADA USIA 14-17 TAHUN DALAMOLAHRAGA BULUTANGKIS(Studi Pada PB Bintang Timur Abadi Surabaya)

  • RIZKY WARDHANA

Abstract

PENGARUH PELATIHAN OLAH KAKI DENGAN MENGGUNAKAN ROMPIPEMBERAT (WEIGHTED VEST) TERHADAP PENINGKATAN
KELINCAHAN PADA USIA 14-17 TAHUN DALAM
OLAHRAGA BULUTANGKIS
(Studi Pada PB Bintang Timur Abadi Surabaya)
Rizky Wardhana, Himawan Wismanadi
S1 Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya
Abstrak
Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengancepatdan tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan.Kelincahan ini berkaitan erat antara kecepatanketepatangerak.Tanpa unsur keduanya baik, seseorang tidak dapat bergerak dengan lincah.Selain itu, faktor keseimbangan sangat berpengaruh terhadap kemampuan kelincahan seseorang.
Penelitian ini bertujuan untukmengetahuipenggaruh pelatihan olah kaki denganmengunakanrompi pemberat (Weighted Vest) terhadap peningkatan kelincahan dalam olah raga bulutangkis pada club bulutangkis Bintang Timur AbadiSurabaya.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pre-Test Post-Test Design.
Populasi dalam dalam penelitian ini adalah pemain bulutangkis di club PB bintang timur abadisurabaya dengan kriteria Memiliki jenis kelamin laki – lakipemain berusia 14 -17 tahun. Memiliki kemampuan dan teknik bulutangkis yang relatif sama.
Sampel dalam penelitian sampel dilakukan secara total sampling, yaitu Menurut, total sampling adalah tehnik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.Peneliti memilih subyek-subyek di dalam populasi yang sesuai dengan kriteria.
Instrumen yang digunakan adalahInstrument penelitian yang di gunaan dalam penelitian ini adalahTeslari model “Z” (Tes kelincahan). Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t menggunakan Paired samples t-test dengan taraf signifikansi α = 0,05.Hasil perhitungan menunjukkan Thitung = 3.747sedangkan Ttabel = 2,228(0,05:10), berdasarkan analisis data tersebutmaka Thitung > Ttabel.
Simpulan Pemberian pelatihan menggunakan rompi pemberat (Weighted Vest)ternyata berpengaruh terhadap peningkatan kelincahan Atlet bulutangkis PB bintang timur Abadi Surabaya.
Kata Kunci :PelatihanBulutangkis, teslari model “Z”(Tes kelincahan), olah
Kaki Dengan menggunakanrompipemberat (weighted vest),
kelincahan
Abstract

Published
2013-05-27
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 29