KONTRIBUSI DORONGAN TANGAN DAN KAKI TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS(Studi Pada Mahasiswa Pendkesrek-FIK-UNESA angkatan 2012)

  • MASBUCHIN AL ASY'ARI

Abstract

Masbuchin Al Asy’ari, Joesoef Roepajadi

Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya 

Abstrak 

Dalam olahraga renang kecepatan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu dorongan dan hambatan. Dorongan adalah daya (force) yang menyebabkan perenang dapat bergerak maju. Hal itu disebabkan oleh gerakan tangan dan kaki yang dilakukan perenang yang berhasil mendorong air ke belakang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi dorongan tangan dan kaki terhadap kecepatan renang gaya bebas. Dan untuk mengetahui kontribusi dorongan tangan dan kaki terhadap kecepatan renang gaya bebas, dalam penelitian ini digunakan metode perhitungan statistik yang berkaitan dengan nilai korelasional antara dorongan tangan dan kaki dengan kecepatan renang gaya bebas terhadap 15 mahasiswa jurusan pendkesrek angkatan 2012.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi dorongan tangan dan kaki terhadap kecepatan renang gaya bebas tidak jauh berbeda dengan pernyataan Counsilman yang mengungkapkan bahwa kecepatan renang gaya bebas dihasilkan oleh 70% dorongan tangan dan 30% dorongan kaki.

Berdasarkan hasil penelitian pada 15 mahasiswa jurusan pendkesrek angakatan 2012 dapat diambil beberapa kesimpulan, antara lain: 1) Terdapat kontribusi yang signifikan antara dorongan tangan terhadap kecepatan renang gaya bebas dengan persentase sebesar 70,56%. 2) Terdapat kontribusi yang signifikan antara dorongan kaki terhadap kecepatan renang gaya bebas dengan persentase sebesar 29,16%.

 

Kata kunci: dorongan tangan, dorongan kaki, kecepatan renang gaya bebas 25 meter.

Published
2013-06-12
Abstract Views: 271
PDF Downloads: 484