Perbandingan Tingkat Kebugaran Mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya Berdasarkan Penggunaan Waktu Luang

  • ADI PUTRA WIRANATA
  • JOESOEF ROEPAJADI

Abstract

ABSTRACT

Physical fitness is a physical condition that describes the potential and physical ability to perform certain tasks with optimal results without showing significant fatigue. That in order to achieve fitness, one must regulate food, rest adequately, and exercise regularly. Thus, a healthy lifestyle will include diet, maintaining personal health, adequate rest, and active exercise. Therefore fitness is an important problem for everyone. The purpose of this study was to find out the comparison of physical fitness level of sports science study program students based on the use of leisure time. The sample in this study was the student of sports science study program at the State University of Surabaya. The instrument used in this test is Multistage Fitness Test (MFT). The results of this study there are differences in fitness levels of leisure use between futsal, jogging and badminton sports groups. Where the futsal group has higher fitness than badminton and badminton is higher than jogging.

Keywords: Comparison, Physical Fitness, Leisure Time


ABSTRAK


Kebugaran jasmani adalah kondisi jasmani yang menggambarkan potensi dan kemampuan jasmani untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan hasil yang optimal tanpa memperlihatkan keletihan yang berarti. Bahwa untuk mencapai kebugaran, seseorang harus mengatur makanan, beristirahat secara cukup, dan berolahraga teratur. Dengan demikian, pola hidup sehat akan mencakup pola makan, menjaga kesehatan pribadi, istirahat yang cukup, dan aktif berolahraga. Oleh karena itu kebugaran merupakan masalah yang penting bagi semua orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu perbandingan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa prodi ilmu keolahragaan berdasarkan penggunan waktu luang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi ilmu keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam tes ini adalah Multistage Fitness Test (MFT). Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan tingkat kebugaran penggunaan waktu luang antara kelompok olahraga futsal, joging, dan bulu tangkis. Di mana kelompok futsal kebugarannya lebih tinggi daripada bulu tangkis dan bulu tangkis lebih tinggi dari joging.

Kata Kunci: Perbandingan, Kebugaran Jasmani, Waktu Luang

Published
2019-08-05
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 76