ANALISIS KONDISI FISIK ATLET HATARY KARATE CLUB DI KABUPATEN SIDOARJO

  • YANITA WIRANTI

Abstract

Yanita Wiranti

Yanita Wiranti, Heri Wahyudi

Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Kondisi fisik merupakan salah satu syarat yang diperlukan dalam setiap usaha peningkatan prestasi atlet, bahkan dapat dikatakan dasar landasan suatu awalan olahraga prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kondisi fisik atlet Hatary Karate Club.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek sampel dipilih berdasarkan kriteria yaitu putri usia 13-20 tahun yang berjumlah 9 atlet Hatary Karate Club.

Hasil penelitian serangkaian tes menunjukkan kemampuan fisik atlet diperoleh dari lari 30 meter pada kriteria “sedang” sebesar 66,7%, push-up pada kriteria “sedang” sebesar 55,6%, lari bolak-balik 4x5 meter pada kriteria “kurang” sebesar 55,6%, duduk selunjur dan meraih pada kategori “sedang” sebesar 66,7%, dan multistage fitness test pada kriteria “sedang” sebesar 77,8%. Jadi kondisi fisik keseluruhan pada kategori “sedang” dengan presentase 66,7%.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah atlet putri Hatary Karate Club memiliki kondisi fisik dengan kriteria “sedang”, dikarenakan latihan fisik belum diprogramkan dengan khusus.

Kata Kunci: kondisi fisik, karate.

Published
2013-07-04
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 27