Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Hasil Peningkatan Lompatan Block Pada Permainan Bolavoli (Studi Pada Atlet Bolavoli Putera Universitas Negeri Surabaya)

  • HADIYATULLAH AKBARI

Abstract

Hadiyatullah Akbari, Andun Sudijandoko

Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga yang popular di Indonesia.Ini dapat dibuktikan dengan banyaknya persatuan bolavoli yang terbentuk, baik dikota maupun di pelosok desa. Dalam permainan bolavoli terdapat 4 teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain, yaitu: passing, servis, smash, dan bendungan (block). Agar atlet bolavoli mampu tampil bermain dengan baik perlu membekali diri dengan penguasaan teknik yang benar dan selain kondisi fisik yang prima. Permasalahan yang hendak dicari jawabanya adalah: Apakah latihan skippingberpengaruh secara signifikan terhadap hasil peningkatan lompatan blockpada permainan bolavoli puteraUniversitas Negeri Surabaya?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar latihan skippingberpengaruh terhadap hasil peningkatan lompatan blockpada permainan bolavoli putera Universitas Negeri Surabaya.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam menggunakan desain penelitian pretestdan posttest group.

Hasil penelitian menunjukkan hasil posttestcenderung lebih baik daripada hasil pretestnya dan nilai tersebut sesuai dengan hasil uji paired sampel ttest yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretestdengan posttest yang artiinya latihan skipping berpengaruh terhadap hasil peningkatan lompatan blockpada permainan bolavoli putera Universitas Negeri Surabaya dilihat dari t-hitung yang dihasilkan sebesar -4,633 dengan p-value yang dihasilkan sebesar 0,001.

Kata Kunci: skipping, lompatan block

Published
2013-08-01
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 542