IDENTIFIKASI POLA AKTIVITAS FISIK ANAK SEKOLAH DASAR DI KOTA SURABAYA DAN KABUPATEN NGANJUK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola aktivitas fisik anak sekolah dasar khususnya di Kota Surabaya dan Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dari Physical Activity Questionerry of Children (PAQ-C) dengan teknik analisis data menggunakan excel 2016 dengan kombinasi rumus dari PAQ-C untuk mengolah kuesioner dan rumus excel untuk mengolah data. Populasi dalam penelitian kali ini yaitu anak-anak sekolah dasar di Kota Surabaya dan Kabupaten Nganjuk yang berusia 10 tahun atau kelas 4 yang berjumlah keseluruhan 645 siswa yang kemudian diambil 20% dari keseluruhan maka didapati 13 siswa dalam masing-masing sekolah atau jika dijumlahkan keseluruhan berjumlah 130 siswa Kota Surabaya dan Kabupaten Nganjuk sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang berisikan 10 butir pertanyaan yang sudah ada pada PAQ-C dengan validasi item yang baik dengan skor korelasi antara 0,140-0,730, dan hasil reliabilitas dengan skor Cronbach Alpha 0,682. Adapun dari hasil penelitian kali ini menunjukkan pada Kota Surabaya jenis aktivitas fisik tinggi sebesar 41,6% dan jenis aktivitas fisik rendah sebesar 58,4%. Sedangkan pada Kabupaten Nganjuk jenis aktivitas fisik tinggi sebesar 29,2% dan aktifitas fisik rendah sebesar 70,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pola Aktivitas Fisik anak sekolah dasar di Kota Surabaya dan Kabupaten Nganjuk tergolong dalam kategori aktifitas rendah dengan persentase 58,4% dari 65 siswa dan 70,8% dari 65 siswa.
Downloads

